Kamis, 28/05/2020, 13:00:07
Masuki New Normal, RSUD Brebes Sudah Bisa Uji Swab Corona Sendiri
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Brebes, Djoko Gunawan saat rapat koordinasi penyusunan program Covid-19 di ruang rapat OR Setda Brebes (Foto: Dok/Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes, Jawa Tengah, kini sudah bisa melakukan uji swab (uji deteksi corona lewat dahak di tenggorokan) untuk mengetahui paparan virus Covid-19 di kerongkongan sendiri.

Namun demikian, hasil dari uji swabnya akan dikirim ke Semarang untuk dicek kembali. Hal itu dilakukan untuk memastikan kebenaran dari hasil uji swab RSUD Brebes.

Hal itu disampaikan Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan saat rapat koordinasi penyusunan program Covid-19 bersama pejabat terkait di ruang rapat OR Setda Brebes, kemarin.

Menurut Djoko Gunawan, untuk persebaran Covid-19 di Jawa Tengah mulai melandai. Hal itu menandakan bahwa pandemi virus corona ini sudah dapat di antisipasi dan ditangani secara baik.

Dalam kesempatan itu, Djoko menyampaikan, di wilayah Kabupaten Brebes akan masuk dalam "New Normal Covid-19". Dengan demikian, semua kegiatan masyarakat akan di kembalikan seperti biasa.

"Akan tetapi tetap diberlakukan Sosial Discersing dan menjalankan protokoler kesehatan, serta menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah," terang Djoko yang juga Sekda Brebes.

Pihaknya berharap kepada Camat se-Kabupeten Brebes untuk proaktif dalam pendataan masyarakat yang pulang kampung. Yakni supaya di berlakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing guna menekan dan memantau persebaran Covid-19.

Adapun berdasarkan data yang ada, perkembangan kasus positif Covid-19 Kabupaten Brebes, hingga per hari ini (Rabu 27/5) ada sebanyak 28 orang.

Rinciannya adalah untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1872 orang. Di antaranya meliputi ODP dalam perawatan sebanyak 26 Orang, ODP selesai dalam perawatan 1842 orang. Kemudian, meninggal dunia 4 orang.

Selanjutnya, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 100 orang. Rinciannya dirawat sebanyak 17 orang, sembuh 77 orang, karantina 0 (nol) orang dan meninggal dunia 6 orang. Total terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 28 orang. Sementara, untuk PDP saat ini yang masih dirawat sebanyak 9 orang, sembuh 14 orang, karantina 5 orang.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita