Kamis, 21/05/2020, 07:20:26
Anshor Jatibarang Bagikan Beras untuk Paket Zakat Fitrah
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Ansor dan Fatayat Jatibarang bagikan takjil dan bakaet beras untuk zakat fitrah (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Dalam rangka menyemarakkan akhir bulan Ramadhan di tengah kondisi pandemi Covid-19, Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) di Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, membagikan takjil dan masker.

Pembagian diberikan kepada masyarakat di sekitaran Masjid Jami’ Al-Ittihad Jatibarang Brebes selama 4 hari sejak tanggal 17-20 Mei 2020.

Kegiatan bakti sosial tersebut merupakan kerjasama lintas Banom NU tingkat Kecamatan Jatibarang yang diikuti oleh GP Ansor, Fatayat, IPNU, dan IPPNU.

Beragam kegiatan telah dilakukan, ada pembagian 1600 paket takjil, pembagian 500 masker kain, penjualan dan/atau penyaluran paket beras zakat fitrah lebih dari 11 kwintal (Kw) beras.

Ketua PAC Fatayat Kecamatan Jatibarang, Dewi Setya Ningrum, mengatakan, kegiatan pembagian takjil merupakan program rutin Fatayat Jatibarang tiap bulan Ramadhan. Dimana, biasanya dibagikan berbarengan dengan Posko Mudik Ansor-Banser.

"Meskipun ramadhan ini tidak ada posko mudik Alhamdulillah kami masih bisa membagikan ribuan paket takjil, namum tetap kerjasama dengan Ansor Jatibarang," ujarnya.

Kegiatan pembagian takjil itu, kata dia, sekaligus untuk mensosialisasikan pencegahan penyebaran penularan covid-19 kepada warga masyarakat. Diantaranya agar mengurangi kegiatan/aktifitas di luar rumah, bermasker saat keluar rumah, melaksanakan pola hidup sehat dan bersih (PHSB). 

Selain takjil, lanjut dia, Ansor Jatibarang juga membagikan ratusan masker kain untuk pelaku usaha dan pengguna jalan yang belum memakai masker.

Pembagian masker tersebut merupakan yang kedua kalinya. Dimana, sebelumnya masuk awal bulan ramadhan Ansor telah melakukan kegiatan yang sama.

Menurut Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Jatibarang, M. Ircham Arifudin, berbagai upaya dan program pencegahan penyebaran penularan covid-19 juga telah dilakukan pemerintah. Namun ternyata masih banyak masyarakat yang kurang responsif.

"Untuk itu, salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan saat ini adalah dengan selalu mengkampanyekan “gerakan bermasker saat aktifitas di luar rumah dan melaksanakan PHSB”, ungkapnya.

Lebih lanjut Ircham mengungkapkan bahwa kegiatan pembagian takjil dan masker merupakan rangkaian dari program penjualan dan penyaluran paket beras zakat fitrah. Yakni yang diselenggarakan oleh GP Ansor baik di tingkat kepengurusan Kabupaten maupun Kecamatan.

Untuk Kecamatan Jatibarang, pihaknya telah menyiapkan 11,5 kwintal beras paket zakat fitrah untuk masyarakat dan

"Alhamdulillah sampai sore ini semuanya telah habis. Tahun ini merupakan edisi perdana program ini, mudah-mudahan ke depan kami bisa menyiapkan stok beras paket zakat fitrah lebih banyak lagi. Dengan harapan lebih banyak masyarakat yang mempercayakan penyaluran zakat fitrahnya melalui relawan-relawan Ansor Jatibarang.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita