Kamis, 21/05/2020, 00:37:49
Di Tengah Pandemi, Warga Brebes Dihimbau Salat Idul Fitri di Rumah
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) – Di tengah pandemi virus corona, masyarakat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dihimbau agar melaksanakan Salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) yang ditunjukkan ke camat se Kabupaten Brebes dengan nomor 451/1123.

Demikian disampaikan Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan, Rabu 20 Mei 2020.

Surat Edaran tersebut menindaklanjuti SE Gubernur Jateng Nomor 451/0008315 Tanggal 19 Mei 2020 tentang Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 Hijriyah (H). Serta merujuk tausiah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng Nomor 04/DPP.XIII/T/V/2020 Tanggal 7 Mei tentang Pelaksanaan Salat Idul Fitri.

“Surat edaran yang kita kirimkan ke camat se Kabupaten Brebes ini bersifat imbauan. Yakni, mengimbau warga untuk melaksamakan Salat Idul Fitri di rumah masing-masing,” terang Djoko.

Dalam surat edaran yang dikirimkan ke camat se Kabupaten Brebes itu sedikitnya ada empat poin. Poin pertama, mengimbau kepada seluruh umat Islam di wilayah saudara (masing-masing kecamatan), untuk melaksanakan Salat Idul Fitri di rumah masing-masing bersama keluarga inti.

Poin ke dua, menyebarluaskan tausiah MUI Jateng dimaksud kepada seluruh organisasi keagamaan islam, desa/kelurahan, tokoh agama dan tokoh masyarakat di wilayah masing-masing.

Poin ke tiga, menyampaikan tuntunan Salat Idul Fitri dalam suasana Covid-19 beserta naskah khutbah Salat Idul Fitri 1441 H (versi lengkap dan ringkas) sebagaimana terlampir kepada seluruh umat Islam yang membutuhkan.

Poin ke empat, guna mencegah kerumunan massa, maka takbiran keliling ditiadakan dan acara silaturahmi dan halalbihalal dilaksanakan melalui media sosial atau video call.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita