Jumat, 08/05/2020, 20:58:16
Tim Resmob Ringkus Pelaku Penculikan Disertai Pencabulan
LAPORAN JOHARI

PanturaNews (Tegal) – Tim Resmob Polres Tegal Kota, akhirnya berhasil meringkus pelaku penculikan disertai pencabulan terhadap anak di bawah umur yang terjadi beberpa waktu lalu di Kota Tegal.  Pelaku, Yossy Ardian Lisantika (43) warga Desa Purwahamba RT 008/003, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, diringkus di sebuah warung di Desa Purwahamba, Selasa 05 Mei 2020.

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi didampingi Kasat Reskrim AKP Agus BY, dalam press conference di Mapolres Tegal Kota, Jumat 08 Mei 2020 mengatakan, pelaku dibekuk di sebuah warung di Desa Purwahamba, Selasa 05 Mei 2020. Motifnya Selain melakukan penculikan pelaku juga melakukan perbuatan cabul terhadap para korbannya yang masih di bawah umur, di rumah kosong.

 “Awalnya kami curiga, karena korban pertama dan korban kedua ada kemiripian kejadiannya, dibawa  ke rumah kosong di daerah Suradadi. Ternyata di rumah kosong itu, pelaku selain mengambil perhiasan korban juga pencabulan. Korban ditodong pisau mainan, sehingga tidak bisa berkutik apalagi masih anak-anak,”katanya.

Lebih lanjut menurut Kapolres, dari pengakuannya, ia melakukan perbuatannya sudah tujuh kali, namun baru dua orang yang lapor. Sedangkan, perhiasan korban pertama yang diambil ternyata anting-anting mitasi bukan emas. Sedangkana korban kedua tidak memakai perhiasan apapun.

“Kami mengimbau kepada orang tua yang merasa anaknya pernah dibawa dan mengalami  trauma, agar melaporkan kepada kami. Dan kami juga menghimbau agar anak-anaknya yang masih dibawa umur jangan dipakaikan perhiasan karena bisa mengundang kejahatan,” ujarnya.

Diungkapkan, modus operandinya pelaku mengajak korban dengan iming-iming akan dibelikan kue ulang tahun dan ice cream. Setelah korban bersedia, lantas diboncengkan sepeda ontel dan dibawa ke Purwahamba, Kecamatan Suradadi. Di rumah kosong itu, korban diambil perhisannya dan dicabuli.  

“Ngakukanya lantaran sudah bercerai dengan istrinya sejak Maret lalu. Sehingga dia melakukan tindakan keji itu untuk memenuhi hasrat biologisnya,” tandasnya.

Barang bukti yang diamankan, sepeda sayur warna biru, uang Rp 12 ribu dan kardus air mineral yang digunakan untuk semek di rumah kosong.

Atas perbuatannya pelaku diancam dengan pasal 82 ayat (1) jo pasal 76E Undang-undang 35 tahun 2014 jo pasal 65 KUHP subsider pasap 330 KUH Pidana. Dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun penjara.

Sebelumnya diberitakan, FR bocah berusia 10 tahun warga Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal, menjadi korban penculikan, dua buah anting yang dipakainya oleh orang yang tidak dikenal.

Nasib yang sama juga dialami, AN (9) warga Jalan Kepodang RT03/RW09 Kelurahan Randugunting juga menjadi korban penculikan.  Berdasar kemiripin modus dan lokasi ditemukannya korban, Tim  Resmob akhirnya berhasil meringkusnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita