Rabu, 06/05/2020, 02:14:05
16 Alumni Peserta Tablig Akbar di Gowa Asal Brebes Positif Covid-19
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

PanturaNews (Brebes) - Mengejutkan, dalam satu hari jumlah pasien yang terkonformasi positif corona (Covid-19) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang sebelumnya hanya 1 orang, kini bertambah 15 orang.

Dengan demikian, total pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Brebes, menjadi 16 orang. Hal itu berdasarkan informasi resmi dari website http://www.corona.brebeskab.go.id per tanggal 6 Mei 2020.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes, dr. Sartono membenarkan adanya penambahan jumlah pasien dengan total sebanyak 16 orang di daerahnya. Hal itu berdasarkan hasil uji swab yang telah resmi keluar.

"Dari 16 orang yang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Brebes melalui hasil uji swab ini, semuanya berasal dari klaster alumni peserta tablig akbar di Gowa Sulawesi Selatan. Untuk rinciannya nanti saya sampaikan,” ujar dr. Sartono, Selasa 5 Mei 2020 malam.

Menurut dr Sartono, sebanyak 16 pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 itu, tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Brebes. Namun demikian, untuk saat ini, jumlah total jamaah alumni ijtima Gowa, baik yang positif maupun yang belum keluar swab-nya, di Kabupaten Brebes sebanyak 50 orang.

Mereka berasal dari Kecamatan Bantarkawung, Salem, Brebes, Sirampog, Bulakamba, Wanasari, Bumiayu, dan Paguyangan.

“Mereka (jamaah tabligh alumni Gowa) yang sudah dikarantina ini sangat luar biasa kondisi fisik tubuhnya. Tanpa gejala ataupun keluhan demam atau pun batuk-batuk," terang dr. Sartono.

Mereka, kata dr. Sartono, yang terkonfirmasi positif tersebut, melalui uji swab yang sudah dilakukan 15 hari lalu.

"Kami tim kesehatan terus keliling untuk melakukan dan menelusuri serta rapid test kepada keluarga pasien yang terkonfirmasi positif secara bertahap,” ungkap dr. Sartono.

Diketahui, sebelumnya ada sebanyak 49 sampel swab dari Brebes yang sudah diperiksa di Labkesda Kementerian Kesehatan di Salatiga. Pada Selasa pagi, Bupati Brebes, selaku Ketua Gugud Tugas Penanganan Percepatan covid-9, Idza Priyanti, sempat merilis hasil tes swab dari 21 orang. Yaitu 1 positif dan 20 negatif. 

Adapun, pada hari Selasa per tanggal 5 Mei 2020 pukul 23.00 WIB dilaporkan untuk jumlah ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 1801 orang dan 1486 sudah dinyatakan sehat.

Kemudian, tersisa 311 ODP dan 4 orang meninggal. Selanjutnya, untuk PDP (Pasien Dalam Pengawasan) atau suspect sebanyak 82 orang.

Selain itu, 9 orang di rawat, karantina 6 orang dan 61 orang sudah sudah di pulangkan serta 6 orang meninggal. Selanjutnya, untuk yang terkomfirmasi positif sebanyak 16 orang di rawat dan meninggal 0.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita