Kamis, 23/04/2020, 17:01:58
Tergeletak di Trotoar, Seorang Pria Dievakusi Petugas Berpakaian APD
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Petugas dengan pakain APD lengkap melakukan evakuasi seorang pria yang tergeletak di trotoar depan pertokoan Kalierang jalan Diponegoro Kota Kecamatan Bumiayu (Foto-Foto: Dok. Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Seorang pria setengah baya tergeletak di trotoar depan toko pertanian Kalierang jalan Diponegoro, Kota Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis 23 April 2020. Tidak ada warga yang berani mendekat dan menolong pria yang belum diketahui identitasnya tersebut.

Setelah cukup lama tergeletak akhirnya datang petugas dengan memakai alat pelindung diri (APD) lengkap dan mengevakuasi dibawa menggunakan mobil ambulan serta dikawal petugas dari Polsek Bumiayu, dibawa ke RSUD Bumiayu.

Kepala BLUD UPT Puskesmas, dr Ali Budiarto membenarkan, pihaknya telah mengevakuasi pria yang tergeletak di trotoar. Petugas dengan APD lengkap datang setelah mendapat laporan dari warga.

"Petugas Puskesmas Bumiayu langsung mengevakuasi setelah ada laporan dari warga sekira pukul 14.15 WIB," katanya.

Menurutnya, pria yang diduga seorang tuna wisma itu dievakuasi ke RSUD Bumiayu untuk mendapatkan pertolongan dan pemeriksaan. Pria yang diketahui berasal dari luar Kecamatan Bumiayu itu menderita sakit dan perlu mendapatkan pertolongan serta pengobatan.

"Petugas mengevakuasi dengan APD lengkap sebagai sesuai standar evakuasi pasien level1. Pria tersebut juga belum diketahui sakitnya sehingga perlu kehati-hatian," terang Ali.

Dikatakan, warga tidak perlu panik dengan adanya kejadian tersebut. Meski begitu harus tetap waspada, mengingat saat ini jumlah pemudik dari zona merah pandemi virus Corona atau Covid-19 banyak yang datang di sekitar Bumiayu.

Warga hendaknya disiplin tidak berada di tempat keramaian serta melakukan social distancing atau jaga jarak dengan orang lain.

"Untuk memutus penularan Covid-19 harus disiplin melakuan social distancing, apalagi saat ini pemudikdari zona merah makin banyak," kata Ali.

Ditambahkan, saat ini tingkat kekhawatiran warga terhadap penyebaran Covid-19 makin tinggi terutama di wilayah selatan, sering dengan adanya beberapa orang yang terindikasi terpapar virus Corona menurut hasil rapid test.

Idealnya Gugus Tugas penanggulangan Covid -19 Kabupaten Brebes melakukan rapid test skala besar di daerah yang warganya terindikasi terpapar Corona sesuai hasil rapid test.

"Itu penting guna mencegah wabah pandemi Corona meluas, juga untuk menurunkan rasa ketakutan dan phobia di kalangan masyarakat bawah," terang Ali.

Sementara itu, Camat Bumiayu Eko Purwanto SP MSi membernarkan adanya seorang pria yang tergeletak di trotoar dan dievakuasi ke RSUD Bumiayu.

Menurutnya, pria yang diketahui tuna wisma itu diduga sakit sehingga tergeletak, sementar warga tidak berani menolong, sampai akhirnya dievakuasi oleh petugas dari Puskesmas.

"Ya warga yang melihat tidak berani mendekat dan menolong sampai akhirnya dievakuasi petugas Puskesmas dan juga dari Polsek," kata Eko yang juga menyaksikan langsung proses evakuasinya.

Infor masi yang diperoleh, lelaki itu diketahui bernama Abdul Rohim umur 60 tahun dengan alamat Desa Banjarsari Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita