Rabu, 22/04/2020, 22:04:33
21 Warga Brebes Positif Hasil Rapid Test Langsung Swab Test
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Ilustrasi swab test

PanturaNews (Brebes) - Sedikitnya 49 warga Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang merupakan peserta jemaah Ijtima di Gowa, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu menjalani rapid test.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 21 orang hasilnya positif melalui rapid test. Kemudian sisanya, hasilnya negatif. Dari yang positif hasil rapid test, langsung mengjalani Swab test menggunakan metode bernama PCR (Polymerase Chain Reaction)

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes, dr. Sartono, Rabu 22 April 2020 malam.

Menurut dr. Sartono, sebelumnya dari hasil pendataan, diketahui warga Kabupaten Brebes yang ikut dalam kegiatan di Gowa Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu, sebanyak 51 orang.

Namun demikian, hasil pendataan sementara, tercatat hingga saat ini terdapat 49 orang yang menjalani rapid test. "Untuk sisanya yang 2 orang, akan kami rapid test besok," terang dr. Sartono.

Meski begitu, kata dr. Sartono, dari mereka yang hasil rapid testnya positif, akan dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan orang tersebut benar-benar terpapar covid-19. Mengingat, rapid test berfungsi sebagai scraning awal dari covid-19. Untuk memastikannya, harus dilakukan pemeriksaan swab.

"Jadi sampai saat ini, kami juga masih menunggu hasil pemeriksaan swabnya," jelas dr. Sartono.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan, menyebutkan, jumlah warga di Kabupaten Brebes yang dinyatakan positif virus corona (Covid-19) dari hasil rapid oleh RSUD Bumiayu, bertambah menjadi 20 orang.

Mereka merupakan warga yang mempunyai riwayat pulang dari kegiatan Itijma di Gowa Sulawesi Selatan. Puluhan warga tersebut berasal dari Kecamatan Bantarkawung dan Salem dan daerah lainnya.

Mereka kemudian langsung di rujuk ke RSUD Brebes untuk menjalani karantina dan pemeriksaan swab.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita