Kamis, 09/04/2020, 12:03:56
Lanang Terbitkan Buku Puisi Kur 3 Bahasa: Tegalan-Indonesia-Jerman
LAPORAN SL. GAHARU

Penulis buku Layang Layang Stern, Lanang Setiawan (kiri) dan penerjemah bahasa Jerman, Fajrina Citra Asokawati (kanan)

PanturaNews (Tegal) - Tak henti-hentinya seniman asal Kota Tegal, Jawa Tengah, Lanang Setiawan bikin kejutan. Kali ini ia kembali menerbitkan buku antologi puisi pendek Tegalan yang dinamai KUR 267.

Tidak tanggung-tanggung, buku terbarunya bertajuk "Layang Layang Stern" menggunakan tiga bahasa sekaligus yakni bahasa Tegalan, Bahasa Indonesia dan Bahasa Jerman.

"Kenapa harus tiga bahasa? Saya ingin bahwa sastra Tegalan tidak hanya berkutat di kandangnya sendiri. Mimpi saya, mengenalkan bahasa ibu ke segala penjuru dunia," ujar Lanang Setiawan, Kamis 09 April 2020.

Untuk itu, katanya lebih lanjut, kalau saja penyair dunia macam Jalalrudin Rumi, William Shakerspeare, dan Khalil Gibran sajak-sajaknya mampu mendunia, kenapa wong Tegal tidak bisa?

Itulah sebabnya, ia yang sudah menerbitkan puluhan buku, berkolaborasi dengan orang yang pandai berbahasa asing. Dalam hal ini adalah bahasa Jerman. 

"Maka agar mimpi bahasa ibu saya bisa mendunia, saya pun memilih Fajrina Citra Asokawati yang betul-betul menguasai bahasa Jerman sebagai penerjema," ungkapnya.

Siapa Fajrina Citra Asokawati? Menurutnya, dia adalah siswi kelas 12 di  SMA Negeri 1 Slawi, Kabupaten Tegal. Dia pernah bergabung pada klub Jerman ekstrakurikuler.

"Dia pernah juga mewakili sekolahnya ikut dalam Kompetisi Olimpiade Jerman Regional pada tahun 2018," tutur Lanang.

Dalam buku yang diterbitkan oleh Komunitas Sastrawan Tegalan, Lanang Setiawan mengusung sejumlah 72 karya KUR 267 yang diterjemahan dalam bahasa nasional, dan bahasa Jerman yang dilakukan oleh Fajrina Citra Asokawati.

Sebelumnya Lanang pun pernah menerbitakan kumpulan puisi Tegalan berjudul "Nglanglang Jagad" dalam dua bahasa Tegalan, dan Inggris berkerjasama dengan 3 guru bahasa Inggris SMP Negeri di Tegal.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita