Jumat, 03/04/2020, 17:29:25
Ribuan Masker Dibagikan Kepada Tukang Ojek dan Tukang Becak
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Kepala Puskesmas Bumiayu, dr Ali Budiarto bersama petugas membagikan masker pada tukang ojek sekaligus sosialisasi bahya virus Corona. Sopor angkutan umum menerima pembagian masker (Foto-Foto: Dok. Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Berbagai cara dilakukan Puskesmas Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Sebelumnya Puskesmas Bumiayu gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat bersama Forkompinca Bumiayu dan dibarengi penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum.

Kini Puskesmas Bumiayu kembali mengerahkan personelnya membagikan ribuan masker kepada para tukang becak, tukang ojek, pedagang kaki lima dan juga sopir angkutan umum yang beraktivitas di kota Bumiayu.

"Kali ini kami membagikan masker pada tukang becak, tukang ojek dan sopir angkutan umum," kata Kepala BLUD UPT Puskesmas Bumiayu, dr Ali Budiarto, Jumat 03 April 2020.

Menurutnya, para pekerja seperti tukang becak, tukang ojek, pedagang kaki lima dan juga sopir angkutan umum termasuk kelompok yang rentan terhadap penularan virus Corona. Sebab, umumnya mereka beraktivitas tanpa menggunakan alat pelindung diri (APD).

"Mereka berakivitas di tempat keramaian dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai tempat sehingga mereka sangat rentan, apalagi tidak menggunakan APD," ujar Ali.

Pembagian masker pada kelompok masyarakat tersebut selain sebagai APD, diharapkan dapat mengingatkan mereka akan pentingnya melakukan upaya melindungi diri dari kemungkinan tertular virus Corona.

"Karenanya kami bersama para petugas Puskesmas juga mengajak pada mereka untuk membiasakan prilaku hidup bersih dan sehat," kata Ali.

Bersamaan dengan pembagian masker dan sosialisasi bahaya virus Corona juga dilakukan penjelasan tentang cara cuci tangan yang baik dan benar.

"Umumnya mereka kurang faham tentang apa dan bagaimana pencegahan penularan virus Corona. Maka adanya sosialisasi sekaligus pembagian masker akan menjadikan mereka faham," pungkas Ali.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita