Kamis, 26/03/2020, 17:36:12
Kalijurang Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Perantau yang Pulang
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Kades Kalijurang bersama tim Babinsa dan Babinkamtibmas serta bidan desa setempat melakukan pengecekan dan pendataan waga yang datang dari perantauan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Antisipasi penyebaran virus Corona aau Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan pendataan dan pemeriksaan warganya yang pulang dari perantauan.

Kepala Desa Kalijurang, H Edi Riyanto mengatakan, warganya banyak yang merantau di luar kota yang telah masuk dalam kategori pandemi virus Corona. Sebagai antisipasi agar tidak terjadi penularan, perantau yang pulang kampung dilakukan pendataan dan pemeriksaan.

"Warga yang baru datang dari perantau kami lakukan pendataan dan pemeriksaan kondisi kesehatannya," ujarnya, Kamis 26 Maret 2020.

Pemantauan dan pemeriksaan dilakukan oleh pemerintah desa bersama Babinkamtibmas dan Babinsa serta petugas kesehatan Puskesmas yang ditempatkan di desa atau Bidan Desa.

"Setelah mendapatkan informasi dari ketua RT atau RW kami tim langsung datang mengecek warga yang baru datang dari perantauan," kata Riyanto.

Hingga Kamis 26 Maret 2020 ada enam warganya yang baru datang dari daerah Bekasi dan Tangerang. Setelah dilakukan pemeriksaan kondisinya sehat dan tidak ada keluhan sakit.

"Meski begitu warga tersebut tetap dilakuka pemantauan sampai dua pekan kedepan dan jika ada gangguan kesehatan diarhakan untuk segera periksa ke Puskesmas," terang Riyanto.

Sebelumnya, Pemdes Kalijurang juga telah melakukan sosialisasi bahaya dan upaya pencegahan virus Corona kepada warganya. Penyemprotan disinfektan untuk pencegahaan virus Coirna juga dilakan pada tempat-tempat ibadah dan lainnya.

"Ada 55 Musola dan 9 Masjid di Desa Kalijurang telah dilakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus Corona," ungkap Riyanto.

Saat ini juga sedang dipersiapkan pendirian posko pemantauan pencegahan virus Corona di tiga lokasi pintu masuk Desa Kalijurang. Di pos tersebut akan ada petugas dan dilengkapi alat pengecekan suhu badan.

"Setiap warga yang masuk ke Kalijurang terutama perantauan kami lakukan pemeriksaan sebagai upaya pencegahan dini dari penyebaran virus Corona," pungkas Riyanto.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita