Senin, 23/03/2020, 16:58:23
Cek Penanggulangan Corona di Puskesmas Bumiayu
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Komisi IV DPRD Brebes melihat langsung penanggulangan wabah virus Corona di BLUD UPT Puskesmas Bumiayu (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Komisi IV DPRD Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengapresiasi kesiapan dan kesigapan BLUD UPT Puskesmas Bumiayu, dalam upaya penanganan wabah virus Corona atau Covid-19.

"Kami datang untuk melihat langsung kesiapan dan kesigapan dalam melakukan upaya pencegahan Covid-19 di Puskesmas Bumiayu," ujar Ketua Komisi IV DPRD Brebes, Muhaimin Sadirun saat melakukan kunjungan kerja memantau kesiapan BLUD UPT Puskesmas Bumiayu dalam penanganan wabah virus Corona, Senin 23 Maret 2020.

Menurut Sadirun, dari pemantauan Puskesmas Bumiayu diniliai cukup baik dalam upaya penanggulangan wabah virus Corona. Langkah cepat dan tepat telah dilakukan, mulai dari sosialisasi sampai penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum, hingga penataan di ruang pelayanan.

"Semua dilakukan sesuai standar dan cukup baik sesuai SOP," kata Sadirun yang melakukan kunjungan ke BLUD Puskesmas Bumiayu bersama beberapa anggotanya.

Dikatakan, secara umum Pemkab Brebes juga telah melakukan langkah-langkah yang tepat dalam penanganan wabah virus Corona. Meski begitu pihaknya berharap ditingkatkan lagi sampai tuntas dan DPRD akan mendukung sepenuhnya, termasuk juga anggarannya.

"Kami mendukung dan berharap penganggaran itu lebih dipercepat karena ini kebutuhan mendesak, terutama untuk pengadaan Alat Pelingdung Diri (APD)," kata Sadirun.

Pemkab juga diminta dalam melakukan penangan wabah virus Corona sesuai SOP yang telah ditetapkan. Pemkab juga hendaknya memperhatikan para petugas di lapangan agar ada insentif, kerena resiko mereka tinggi.

"Tenaga di lapangan memiliki resiko yang tinggi maka mereka harus diperhatikan harus ada insentif," tegas Sadirun.

Kepala BLUD UPT Puskesmas Bumaiyu yang menerima langsung kunjungan Komisi IV DPRD Brebes mengatakan, saat ini sangat dibutuhkan APD dan juga perlengkapan lainnya seperti masker dan juga disinfektan untuk penyemprotan.

"Setidaknya itu untuk mengurangi resiko penyebaran virus Corona dan juga memberikan rasa aman bagi warga sehingga tidak panik," katanya.

Selain itu diharapkan seluruh elemen masyarakat mulai dari pemerintahan desa dan lainnya ikut serta dalam melakukan edukasi tentang bahaya corona dan cara pencegahannya.

"Semua elemen harus sama melakukan sosialisasi untuk mendidik masyarakat tentang Corona dan pencegahannya," harap Ali.

Masyarakat juga diminta untuk mengikuti aturan dan himbaun dalam upaya pencegahan Corona. Anjuran tidak keluar rumah kecuali sangat penting dan menghindarai pertemuan atau tempat tempat keruman orang agar benar dipatuhi.

"Begitu pula dengan pola hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi makan bergizi dan buah terus dilakukan untuk meningkatkan iomunitas tubuh, serta menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan," pungkas Ali.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita