Senin, 23/03/2020, 09:59:00
Tangkal Corona, Banom NU Jatibarang Bagikan Wedang Rempah
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Anggota GP Anshor, Banser, Fatayat NU dan IPNU serta IPPNU Kecamatan Jatibarang aksi sosial pencegahan virus corona dengan membagikan ribuan bungkus wedang rempah kepada masyarakat. (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Gabungan organisasi masyarkat (Ormas) Islam Badan Otonomi (Banon) NU yang terdiri dari GP Anshor, Banser, Fatayat NU dan IPNU serta IPPNU Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan aksi sosial pencegahan virus corona, dengan membagikan ribuan bungkus wedang rempah yang sudah dikemas dalam bungkus plastik.

Sebelum dikemas, wedang rempah yang terbuat dari bahan-bahan rempah alami seperti jahe, kayu manis, temulawak, kunyit, daun kemangi dan rempah-rempah lainnya ini, terlebih dahulu dibacakan sholawat thibbil qulub.

Usai dibacakan sholawat thibbil qulub, baru mereka membungkusnya dengan plastik dan dibagikan kepada masyarakat di sejumlah tempat. Salah satu diantaranya yakni di perempatan lampu merah Pasar Jatibarang.

Koordinator kegiatan sosial, Moh. Ircham Arifudin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian gabungan ormas Islam di bawah naungan NU Jatibarang, untuk berikhtiar guna menangkal penyebaran virus corona atau Covid-19 yang saat ini masih merebak.

"Alhamdulillah sebanyak 1.300 bungkus wedang jahe rempah yang sudah dibuat ini, habis dibagikan kepada masyarakat dalam waktu tidak lebih dari 15 menit," ujar Moh. Ircham Afifudin yang juga  Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Jatibarang, Minggu 22 Maret 2020 sore.

Menurut Ircham, selain membagikan wedang rempah, pihaknya juga memberikan sosialisasi tentang bahaya virus corona dan cara pencegahannya.

"Kami ingin agar masyarakat untuk tetap waspada, juga mematuhi semua instruksi Pemerintah dan ahli medis. Yakni dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, serta yang paling utama adalah jangan panik," terang Ircham.

Kegiatan yang diikuti puluhan kader Ansor, Banser, Fatayat, IPNU dan IPPNU, juga dihadiri langsung oleh Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Jatibarang Kyai Afifulloh ini, mendapat pengawalan dari Polsek Jatibarang.

"Yang kami laksanakan ini adalah kegiatan yang positif. Kami bangga anak-anak muda NU antar Badan Otonom (GP Ansor, Fatayat, IPNU fan IPPNU) saling bersinergi membantu pemerintah dalam upaya sosialisasi pencegahan virus corona di Kecamatan Jatibarang.

Tentunya, garapan kita bersama adalah semoga wabah virus corona ini dapat segera berlalu agar masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasanya," harap Kyai Afifulloh di sela-sela kegiatan pembagian jahe rempah kepada pengguna jalan yang melintas.

Sementara itu, salah satu penerima pembagian wedang rempah, Ibu Solikha (46 th) mengatakan, kegiatan itu sangat baik.

"Saya selaku masyarakat awam, jadi semakin tahu bahaya virus corona dan cara-cara pencegahannya, setelah diberi sosialisasi," pungkas Solikha.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita