Sabtu, 21/03/2020, 22:16:01
Kota Tegal Bentuk Satgas Covid-19, Dewi Aryani: Terobosan Bagus
LAPORAN NINO MOEBI & SL GAHARU

Satgas Monitoring COVID-19 Kota Tegal tempat publik seperti mall, tempat wisata, pasar dan lainnya. Foto 2: Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PDI Perjuangan, Hj. DR. Dewi Aryani, M.Si (Foto: Dok/Nino)

PanturaNews (Tegal) - Menindaklanjuti instruksi presiden tentang social distancing, banyak kepala daerah melakukan terobosan positif. Salah satunya adalah Kota Tegal yang inisiatif membentuk Tim Monitoring Satgas Covid-19.

“Tim Monitoring Satgas Covid 19 bertugas melakukan monitoring dan pemantauan di tempat publik seperti mall, tempat wisata, pasar dan lainnya,” kata Anggota DPR RI Komisi IX, Hj. DR. Dewi Aryani, M.Si melalui pers releasenya, Sabtu 21 Maret 2020.

Anggota Satgas Monitoring COVID-19 Kota Tegal terdiri sukarelawan, petugas Dinkes Kota Tegal, dan kepolisian setempat yang bertugas melakukan pemantauan di tempat-tempat publik.

Menurut politisi PDI Perjuangan dari Dapil Jawa Tengah IX ini, target Tim Monitoring Satgas Covid 19 adalah memberian arahan dan himbauan kepada masyarakat yang membawa anak-anak keluar rumah, atau para remaja dan anak-anak sekolah yang mendatangi mall, pasar, tempat rekreasi dan lainnya.

”Ini terobosan yang bagus, dan saya mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkot Tegal. Setidaknya kerja tim akan memberikan efektivitas pelaksanaan social distancing yang dilakukan masyarakat. Tidak hanya himbauan untuk membatasi kegiatan sosial, namun juga melakukan pemantauan,” tutur Doktor ahli kebijakan publik dan bisnis dari Universitas Indonesia ini.

Jika ditambah lagi dengan memonitor tempat hiburan termasuk bioskop, lanjut Dewi Aryani, akan lebih baik lagi sehingga pelarangan buka bagi tempat hiburan bisa efektif dan ada punishment bagi yang melanggar.

“Secara maksimal kerja tim akan meminimalisir penyebaran virus Covid1 9, sekaligus menekan jumlah carrier yang bisa mengakibatkan terjadinya outbreak. Daerah perkotaan lain bisa mengadopsi ide Kota Tegal tersebut,” tandas Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita