Kamis, 19/03/2020, 23:40:10
Teknisi Parabola, Bobol Rekening Tetangga Hingga Puluhan Juta
LAPORAN JOHARI

Tersangka kaos biru

PanturaNews (Tegal) – Seorang teknisi parabola yang juga ahli IT, Elman Romano (37) warga Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah, terpaksa diamankan aparat Polsek Tegal Barat. Pasalnya, karena keahliannya itu, ia berhasil membobol rekening milik Erwanto tetangganya, saat diminta untuk memperbaiki Hpnya yang rusak.

Akibatnya, korban mengalami kerugian hingga Rp 45 juta dan uang hasil kejahatannya itu dipergunakan untuk membeli barang-barang elektronik mewah .

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi didampingi Kapolsek Tegal barat Kom[ol Sugeng SH MH, saat conference pers di Mapolres Tegal Kota, Kamis 19 Maret 2020, mengatakan peristiwa itu bermula saat korban meminta pelaku untuk memperbaiki handphone (HP) miliknya. Saat itu, pelaku melihat di dalam galery milik korban, ada foto pin dan password, kemudian dicatat dan diingat-ingat.

Saat korban kembali memanggil tersangka untuk menjelaskan cara mengoperasionalkan Hp, yaitu pada tanggal 27 Januari 2020, tersangka berkesempatan memindahkan uang korban melalui M-Banking sebesar Rp 20 juta.

“Oleh tersangka , uang tersebut dipindahkan ke rekening atas nama Tasripin Sugiasto," terang Kapolres.

Kemudian, lanjutnya, pada tanggal 25 Februari 2020, korban kembali meminta tolong kepada tersangka untuk memindahkan semua aplikasi, dari Hp lama, ke Hp baru milik korban.

Merasa aksi pertamanya berhasil tidak diketahui oleh korban, pada kesempatan itu tersangka kembali melancarkan aksinya dengan mentransfer uang milik korban, sebesar Rp 25 juta. Dan melalui M- Banking lagi, uang tersebut dipindahkan kedalam rekening milik Gemuh Heriyanto.

“Kemudian tersangka meminta agar uang tersebut ditransfer ke rekening atas nama Khozin. Yang selanjutnya ditarik tunai oleh tersangka, dan dipergunakan untuk membeli barang-barang elektronik serta untuk kebutuhan hidup," imbuhnya.

Pada tanggal 10 Maret 2020 korban mengecek saldo tabungannya di BRI unit Jalan Hang Tuah Kota Tegal, ternyata saldonya telah berkurang.

 "Korban baru mengetahui kehilangan uang dalam tabungannya setelah melakukan print out. Dan diketahui adanya transaksi dua kali transfer dengan jumlah total sebesar Rp 45 juta. Atas kejadian tersebut, korban segera melapor ke Polsek Tegal Barat," tambahnya.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 362-367, tentang tindak pidana pencurian. Dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan 1 unit TV LED 32 inci merk Polytron, 1 unit salon aktif TV, 1 unit salon aktif merk Polytron, 1 unit Hp merk Samsung, 1 buah buku tabungan milik korban, dan sisa uang hasil kejahatan sebesar Rp 3 juta.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita