Sabtu, 14/03/2020, 14:41:01
Atifa Mumtaz Juara 1 Sains Nasional Jenjang Sekolah Dasar
Laporan Riyanto Jayeng

Siswi kelas 5 SDIT Usamah Kota Tegal Atifa Mumtaz Sophia dengan piala Juara I Olimpiade Sains Nasional Jenjang Sekolah Dasar. (Foto: Dok)

PanturaNews (Tegal) - Siswi kelas 5 SDIT Usamah Kota Tegal, Jawa Tengah, Atifa Mumtaz Sophia meraih Juara I dalam ajang Olimpiade Sains Nasional Jenjang Sekolah Dasar (OSN-SD) yang mulai Tahun 2020 ini disebut Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Atifa berhasil menyisihkan kurang lebih 50 peserta lainnya dari seluruh SD se Kota Tegal pada Kategori IPA.  Ajang Olimpiade Sains Nasional Jenjang Sekolah Dasar dilaksanakan pada Kamis 12 Maret 2020.

Diketahui, KSN adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa. Untuk jenjang SD bidang studi yang dilombakan adalah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Siswa yang mengikuti OSN adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kecamatan, karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari kecamatannya masing-masing.

Tujuan KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), bagi peserta didik SD dan yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter.

Selain itu kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komperhensif dalam menumbuhkembangkan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tema KSN-SD Tahun 2020 adalah: Kompetisi Sains Nasional “Mewujudkan Generasi Cerdas, Berkarakter, Tangguh dan Adaftif terhadap Perubahan”.

Adapun hasil lengkap KSN-SD 2020 Kota Tegal adalah sebagai berikut:

KSN-IPA: Juara I SDIT Usamah, Juara II SD PHB, Juara III SD Mangkukusuman I.

KSN-Matematika: Juara I SD Mangkukusuman I, Juara II SD GIS, Juara III SD Pius.

Selanjutnya para juara akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional Jenjang Sekolah Dasar tingkat Provinsi Jawa Tengah.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita