Selasa, 03/03/2020, 13:04:48
Implemetasi Tri Darma PT Sebagai Investasi Masa Depan
Oleh: Khafatul Mukarromah

MAHASISWA sudah akrab dengan panggilan kaum intelektual. Mahasiswa dituntut menjadi sang pelopor peradaban bangsa selain dalam hal itu, mahasiswa juga harus mampu memberikan kontribusi baik dalam masyarakatnya ataupun negaranya.

Sering kali seorang berpikir bahwa mahasiswa seseorang yang sangat beruntung mencapai pada titik maha, hingga tidak jarang dari mereka yang merasa dirinya tinggi dan sedikit menyombongkan diri.

Disiplin ilmu yang didapat mahasiswa tak lain didapatkan di Perguruan Tinggi (PT). Dengan banyaknya tuntutan yang harus dipenuhi oleh mahasasiwa, tentu setiap perguruan tinggi mempunyai bekal untuk mahasiswa ketika nanti turun atau mengimplementasikan dirinya untuk masyarakat dan negara.

Tri Darma Perguruan Tinggi suatu semboyan yang sudah dinobatkan, bahwa setiap mahasiswa harus mengetahui dan harus melakukannya, karena untuk mendorong suatu bentuk keterampilan untuk nantinya ketika sudah menjadi sarjana.

Pendidikan

Pendidikan merupakan hak bagi setipa orang untuk mendapatkannya. Pendidikan menjadi salah satu jalan untuk menerahkan masa depan. Meski tidak ada jaminan bahwa seorang berpendidik akan memiliki masa depan yang terang, namun pendidikan sebagi pelatihan untuk mendewasakan diri dan pola pikir agar sering terangsang.

Implementasi dari pendidikan dapat berupa pengajaran kepada sekolah-sekolah untuk membiasakan diri mahasiswa jika nantinya akan berprofesi sebagai guru. Pendidikan bisa didapatkan di sekolah formal dan non formal. Namun pendidikan yang paling penting adalah pendidikan keluarga sebagai landasan untuk mencari pendidikan di sekolahan. Sebagai mahasiswa tentu sudah mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi, begitu pula dengan tingkat SD, SMP dan SMK.

Penelitian

Tuntutan mahasiswa bukan hanya persoalan mata kuliah saja. Mahasiswa diberikan tanggung jawab untuk membuat sebuah penelitian hasil dari apa yang telah didapatkan. Selain dalam hal itu mahasiswa juga harus memiliki kebaruan dalam penelitian.

Artinya pada proses penelitian ini mahasiswa agar selalu update dengan hal-hal yang baru bahkan sampai pada permasalahan yang di Negara kita dan Negara orang lain. Bentuk penelitian berbagai macam. Bisa saja dengan artikel atapun tugas akhir. Penelitian yang dilakukan bukan hanya tentang lingkup instansi pendidikan saja, namun merangkul masyarakat juga.

Pengabdian

Tri Darma yang ketiga ialah pengabdian. Mahasiswa adalah lidah bagi masyarakat. Tulang punggung serta jembatan bagi masyarakat dan pemerintah. Sifatnya mahasiswa tidak pro dengan rakyat dan kontra dengan rakyat begitu pula sebaliknya dengan pemerintah. Namun mahasiswa memiliki nilai independensi sendiri. Bahwa tuntutan mahasiswa ialah membenarkan yang benar dan menyalahkan yang salah dengan jalan tabayyun. Pengabdian mahasiswa kepada masyarakat bisa dengan jalan apapun.

Diharapkan mahasiswa mampu menjadi problem soulving untuk masyarakat sekitar, serta mampu memberikan nilai daya guna bagi masyarakat. Karena masyarakat adalah lautan luas, sedangkan mahasiswa hanyalah nelayan. Masyarakat lebih tahu tentang kedalama laut, hanya saja masyarakat masih membutuhkan arahan untuk merwat serta memecehkan setiap permasalahan yang ada ditengah-tengan masyarakat.

Ketiga Tri Darma perguruan tinggi tersebut merupakan sebuah tabungan agar kita tidak salah kaprah dalam identitas yang telah diberikan yaitu Sarjana.

(Khafatul Mukarromah adalah Mahasiswi Pendidikan Matematika Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita