Senin, 02/03/2020, 23:27:10
Ribuan Warga di Empat Desa Dapat Sertifikat Tanah Gratis
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Secara simbolis Bupati Brebes menyerahkan Sertifikat Tanah kepada ribuan warga empat desa di Kecamatan Larangan. (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Ribuan warga 4 (empat) desa di Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tersenyum lebar karena telah mendapatkan Sertifikat Tanah.

Selain diperolehnya secara gratis, mereka juga mendapatkan kepastian hukum atas tanah yang dimilikinya. Sehingga nilai manfaatnya lebih tinggi bila dibandingkan dengan tanah yang tidak bersertifikat.

Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE MH turut bangga dan gembira dengan telah diterimanya sertifikat tanah bagi empat desa di Kecamatan Larangan tersebut. Menurutnya, tanah yang disertifikat atas biaya APBD Brebes itu bukan hanya untuk warga miskin saja tetapi bagi siapa saja yang tanahnya belum tersertifikasi.

Proyek Operasi Daerah Agraria (Proda), kata Idza, dibiayai dari APBD 2019. Penerbitan sertifikat tanah melalui bantuan APBD Tahun Anggaran 2019 merupakan pemberian hibah Bupati Brebes kepada Kantor Pertanahan Kab Brebes dengan alokasi dana hibah sebesar Rp 1.004.746.000 untuk 4.100 bidang.

“Untuk Kecamatan Larangan, diperuntukan bagi warga Desa Kedungbokor 700 bidang, Desa Pamulihan 1.000 bidang, Desa Wlahar 800 bidang dan Desa Karangbale 600 bidang,” ujar Idza usai menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada Warga Desa Pamulihan, di Balai Desa setempat, Senin 2 Maret 2020.

Bantuan hibah, kata Idza, diberikan guna membantu pemerintah pusat dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) menuju pendaftaran tanah Kab Brebes lengkap Tahun 2025.

Idza berpesan untuk menyimpan baik-baik sertifikat yang telah dimilikinya dan di fotocopy, untuk menjaga kehilangan, sehingga bisa diusulkan kembali. Sertifikat tanah juga bisa digunakan untuk agunan kredit, guna menambah modal produktif usahanya, biaya pendidikan dan lain-lain yang bermanfaat.

Sertifikat Proda APBD 2019 secara simbolis diserahkan Bupati Brebes didampingi anggota DPRD H. Zubad Fahilatah, Kepala Kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Brebes Triyono, Kepala Dinperwaskim Sutaryono, Camat Larangan Imam Tauhid, forkopimca dan tamu undangan lainnya.

Kapala Pertanahan Kabupaten Brebes, Triyono menyampaikan terima kasih kepada Bupati Brebes yang telah berkenan menyerahkan langsung Sertifikasi Tanah PTSL-APBD Tahun Anggaran 2019 kepada masyarakat.

Dia berharap, tahun berikutnya APBD untuk alokasi Sertifikasi melalui program PTSL semoga bisa semakin meningkat jumlahnya.

“Semoga dengan diterimanya sertifikat hak milik, dapat memberikan rasa aman, rasa tentram dengan adanya kepastian hukum dan meminimalisir potensi konflik dikemudian hari,” ungkap Triyono

Hal serupa, akan dilakukan penyerahan untuk Kecamatan Bantarkawung meliputi Desa Sindangwangi 400 bidang dan Desa Pengarasan 600 bidang.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita