Minggu, 01/03/2020, 19:24:49
Indonesia Darurat Narkoba
Oleh: Kholifah Indra Rodiyana

MARAKNYA artis-artis Ibukota yang tertangkap sepanjang tahun 2019 sampai akhir bulan Februari 2020 ini, membuktikan bahwa negeri Indonesia sedang darurat narkoba.

Walaupun sudah diadakan penyuluhan mengenai narkoba, tetapi belum tentu masyarakat sadar akan bahayanya narkoba. Ditambah lagi adanya varietas baru mengenai narkoba, yaitu narkotika sintesis yang membuat pemakai ingin mencoba juga.

Sebelumnya saya sangat salut dengan apa yang dilakukan oleh Polri dan BNN yang sudah sangat baik dalam meringkus pengguna sekaligus penyelundup narkoba, sehingga lebih cepat dalam penanganannya. Tetapi bila kita melihat lebih dalam lagi mengenai korban pemakai narkoba bisa dikata sangat miris karena sangat banyak ternyata yang menggunakan barang haram ini.

Mungkin saja yang diberitakan di televisi maupun media sosial kebanyakan dari mereka adalah pengguna dari kalangan selebritas yang terjerat kasus narkoba, tetapi kita belum tahu bahwa sesungguhnya masih banyak pengguna narkoba bukan hanya dari kalangan selebriti.

Sebab itu, dari diri kitalah terlebih dahulu untuk di tata lebih dahulu supaya tidak tergoda menggunakan narkoba. Dan penting bila ada penyuluhan mengenai narkoba kita lebih respek untuk mengikuti supaya kita lebih memahami bahaya narkoba.

Dari pengamatan yang sudah dilihat dan dibaca, sebagian dari mereka mengaku mengonsumsi narkoba untuk sebagai obat penenang. Padahal bila mengonsumsi obat tersebut tanpa resep dokter sangat berbahaya sekali hingga bisa membuat si pengguna meninggal dunia.

Selain itu, yang sebentar lagi akan diadakan PON di Papua dari Wakil Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni, mengajak Polri dan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memanfaatkan acara tersebut untuk ajang sosialisasi Pencegahan Pemberantas Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada masyarakat yang menurut saya itu salah satu langkah bagus untuk lebih menyadarkan masyarakat mengenai bahaya narkoba.

Ya walaupun di tahun 2020 Hal yang sedang dibahayakan dan diwaspadai adalah virus Corona tetapi tidak berarti kita tidak acuh dengan narkoba. Karena narkoba sendiri sudah seperti virus yang menyebar ke kalangan masyarakat bahkan bisa sekali ke semua jenjang usia. Dan sifatnya itu tersembunyi jadi sulit untuk dideteksi.

Maka dari itu, ayo kita lebih acuh dengan keadaan sekitar, khususnya narkoba ini. Laporkan bila ada kejanggalan mengenai masyarakat yang sekiranya pengguna narkoba. Dengan lebih tanggap maka kita mencegah narkoba merajalela di Indonesia.

(Kholifah Indra Rodiyana adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tinggal di Dukuh Glempang RT/RW 08/02 Desa Pagojengan, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita