Minggu, 01/03/2020, 19:23:21
Apakah Menjadi Sukses Harus Pintar?
Oleh: Irgi Setyawan

MENJADI sukses memang tujuan utama setiap orang. Siapa sih yang tidak ingin menjadi sukses, maka dari itu banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadikan dirinya menjadi orang yang sukses.

Banyak yang beranggapan menjadi sukses itu kuncinya harus pintar, namun kenyataannya banyak sekali orang yang sukses bahkan memiliki perusahaan besar, tetapi tidak mempunyai pendidikan seperti kebanyakan orang.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali ditemukan anak pada saat sekolah biasa saja tidak pintar, bahkan bisa dikatakan sebagai siswa atau siswi yang nakal akan tetapi bisa sukses bahkan melebihi kita. Itu sebagai salah satu bukti bahwa seseorang yang ingin sukses tidak harus pintar.

Akan tetapi stigma yang melekat pada masyarakat ialah jika tidak pintar makan anak itu tidak akan sukses, stigma bahwa sukses yang harus pintar sudah terlanjur melekat di kehidupan masyarakat sehingga banyak menimbulkan polemik di lingkungan masyarakat.

Banyak sekali faktor-faktor yang menyangkal anggapan bahwa sukses itu harus pintar, apa sajakah itu? faktor yang membuat orang itu sukses akan tetapi tidak memiliki kecerdasan yang lebih. Faktor yang pertama ialah orang tersebut memiliki kreativitas, orang yang memiliki kreativitas pastinya akan lebih kreatif dalam bidang pekerjaan apapun.

Misalnya dalam berbisnis orang yang kreatif memiliki ide-ide yang bagus dalam menciptakan produk-produk yang disukai banyak orang, tidak semua orang memiliki kreativitas bahkan orang yang pintar sekalipun.

Faktor kedua memiliki semangat dan pantang menyerah, kita pasti pernah menghadapi sebuah permasalahan yang membuat hilangnya semangat pada diri kita. Akan tetapi orang yang selalu berusaha dan pantang menyerah pastinya akan membuka peluang untuk meraih kesuksesan. Faktor ini juga bisa mematahkan anggapan jika sukses itu harus pintar, karena banyak orang yang sukses karena memiliki semangat dan pantang menyerah dalam menghadapi masalah dalam usahanya untuk meraih kesuksesan.

Faktor ketiga memiliki kepercayaan diri, percaya diri merupakan perasaan percaya terhadap kemampuan dan dirinya sendiri. Oleh karena itu orang yang memiliki kepercayaan diri yang bagus lebih berpeluang untuk meraih kesuksesan dalam hal apapun.

Biasanya orang yang memiliki percaya diri yang bagus dalam melakukan hal tidak mendengarkan omongan orang lain yang bersifat menjatuhkan, dan tetap percaya pada kemampuan yang dimilikinya oleh karena itu jika memiliki kepercayaan diri akan bisa sukses walaupun tidak pintar.

Faktor keempat ialah kerja keras, orang yang selalu bekerja keras membuat peluang untuk sukses lebih tebuk lebar. Walaupun tidak memiliki kecerdasan yang lebih kerja keras bisa membuat kita sukses dan meraih cita-cita yang diinginkan kita

Faktor terakhir ialah faktor nasib, banyak sekali orang yang di sekeliling kita orang yang tidak pintar, tidak memiliki semangat, tidak memiliki kepercayaan diri akan tatapi bisa sukses melebihi orang-orang yang memiliki sifat tersebut. Faktor nasib merupakan salah satu keberuntungan yang sudah melekat dan sudah ditentukan oleh tuhan.

Orang yang memiliki nasib baik sering mengalahkan orang-orang yang bekerja keras, akan tetapi jangan sampai membuat kita bermalas-malasan dan hanya bergantung pada nasib saja.

Maka dari itu jangan beranggapan bahwa jika kita tidak pintar tidak bisa untuk sukses. Buktinya banyak orang yang sukses dia tidak pintar tetapi memiliki sikap kreativitas, semangat dan pantang menyerah, percaya diri kerja keras dan nasib  bisa menampik stigma yang selama ini melekat pada masyarakat  membuktikan bahwa orang yang tidak pintar pun bisa sukses.

(Irgi Setyawan adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Peradaban di Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita