Kamis, 27/02/2020, 19:48:42
Jaga Kebersihan Mushola, Menghantar Suwandi ke Tanah Suci
LAPORAN NINO MOEBI

Selalu membersihkan mushola, Agus Suwandi yang keseharianya sebagai penjual papan mendapat hadiah umroh. (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) - Selalu menjaga kebersihan Mushola, Agus Suwandi (58) warga Jalan Sragen RT 01 RW 1 Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah, akhirnya menghantar pergi ke Tanah Suci Mekah.

Rutinas yang dilakukan oleh Agus Suwandi sebagai marbot sebelum tiba waktu sholat, dia selalu mengawali dengan membersihkan mushola dengan menyapu, mengepel lantai, membersihkan karpet dan mengisi baik air untuk keperluan wudlu.

Tidak hanya mengundang jamaah Mushola Mujahidin melalui Adzan, terkadang juga memposisikan menjadi imam sholat. Demikian juga usia sholat, saat jama'ah meninggalkan mushola, Agus selalu membersihkan mushola, mengontrol lampu dan pintu memastikan dengan keadaan baik.

 

Sholat Isya berjamaah dilakukan di Mushola Mujahidin dengan Imam Ustad H Agus Arifin pada Rabu 26 Februari 2020 malam. Usai sholat Isya berjama'ah, Ustad Agus Arifin yang biasanya langsung berdzikir, tiba-tiba memberikan pengumuman agar jama'ah setelah selesai berdzikir dan berdoa agar tidak meninggalkan Mushola terlebih dulu karena ada yang perlu disampaikan.

Usai sholat Isya berjamaah, Kepala SD Al Irsyad Kota Tegal, Ustadz Muhtadin Abrori S.Pd.I menyampaikan amanah yang harus disampaikan, yakni memberikan umroh secara gratis kepada salah satu jama'ah musolah Mujahidin, yakni Agus Suwandi yang kesehariannya sebagai penjual kayu papan di Jalan KS Tubun Kota Tegal.

Jama'ah bingung, terlebih Agus Suwandi hingga saat dipanggil untuk menerima umroh gratis secara simbolik terlihat masih kebingungan. Saat jama'ah memberikan selamat terpecah suasana hikmad, haru dan seakan tidak percaya.

"Saya tidak mimpi apapun dan punya firasat apapun sebelumnya," kata Agus Suwandi sambil haru keheranan.

Status Agus Suwandi yang masih lajang tidak pernah terpikir untuk mendapat imbalan materi atas kebersihan yang dia lakukan, bahkan pernah saat pengurus mushola memberikan uang kebersihan terhadapnya dia tolak.

"Saya tidak minta imbalan apapun, saya ikhlas lahir batin apa yang saya jalani untuk mushola Mujahidin, saya ikhlas," kata Agus jujur.

Kepala SD Al Irsyad Kota Tegal, Ustadz Muhtadin Abrori S.Pd.I menyampaikan, hadiah umroh gratis tersebut merupakan amanah dari Wakil Kepala Sekolah SD Al Irsyad Kota Tegal, yakni H Agus Arifin.

H Agus Arifin merupakan guru penerima reward paket umroh gratis yang lulus, dan nilainya tinggi pada uji kompetensi Tahfids di Pondok Pesantren HPAIC Yogyakarta pada tanggal 25 dan 26 Januari 2020 yang diselenggarakan oleh SD Al Irsyad setiap satu semester.

"Hadiah Umroh saya menghadiahkan kembali untuk kepala sekolah, karena saya melihat beliau berjasa besar dalam membawa SD Al Irsyad, dengan mendekatkan semua stake holder dengan Alquran dan mendapat keberkahan dari Allah SWT," tutur H Agus Arifin.

Kepala sekolah, kata H Agus Arifin, tahu niatnya ingin mengumrohkan Agus Suwandi sebagai orang yang istiqomah mengurusi mushola.

“Saya pernah cerita sama beliau, dan alhamdulillah sudah nabung dikit-dikit untuk mengumrohkan Mas Agus Suwandi. Eh.. kepala sekolah malah menghadiahkan untuk Mas Agus Suwandi, beliau tidak mau berangkat dulu katanya biar niat Pak Agus Arifin cepet terkabul," kata H Agus Arifin menirukan Ustadz Muhtadin Abrori.

Agus Suwandi, kata H Agus Arifin, akan berangkat umroh sebulan mendatang pada 24 Maret 2020. Pembuatan pasport sudah selesai dan seluruh biaya pembuatan pasport dan uang saku selama umroh sudah ditanggung semua.

"Subhanallah, semuanya skenario Allah, kita hanya yang melakukan. Semuanya sudah saya ceritakan kepada keluarga saya dan mereka ikhlas, mendukungnya," pungkas H Agus Arifin.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita