Selasa, 25/02/2020, 20:45:29
Ada Apa Dengan Narkoba?
Oleh: Pedriwati

ADA apa dengan narkoba? Mengapa masih ada yang terusak karenanya? Dan kenapa masih banyak orang menyalahgunakannya? Apakah narkoba itu seenak dan selezat makanan di tempat mahal, hingga membuat banyak orang menyukainya padahal sudah jelas-jelas bahaya apa yang menanti dari narkoba.

Sosialisasi dan penyuluhan narkoba sering kita temui, iklan-iklan media massa juga banyak yang memaparkan bahayanya narkoba, bahkan di bangku sekolah mengenal bahaya narkoba tak asing lagi, dan kasus-kasus narkoba dari kematian, kecanduan narkoba berseliweran di media massa, dari situ jelas kita tahu bahwa narkoba itu tidak boleh disalahgunakan apalagi ada sanksi hukum akibat penyalahgunaannya, lalu mengapa masih ada orang yang menggunakannya dengan salah? Ada apa dengan narkoba?

Narkoba atau narkotika dan obat-obatan adalah sebuah zat buatan atau pun berasal dari tanaman yang dapat menimbulkan perubahan perasaan, halusinasi, menurunnya kesadaran, daya rangsang, serta menyebabkan kecanduan. Penggunaan obat-obatan dan zat-zat narkoba itu merupakan pilihan bagi sebagian orang, ada pilihan yang positif dan ada pilihan yang negatif, pilihan positifnya adalah digunakan untuk kepentingan medis tetapi tetap dalam pengawasan dokter serta untuk keperluan penelitian.

Sedangkan untuk pilihan negatif sudah jelas terjadi penyalahgunaan dalam menggunakannya selain dari untuk kepentingan medis itu sendiri. Narkoba banyak jenisnya dari mulai golongan pertama, golongan kedua, dan golongan ketiga, golongan pertama cenderung memiliki potensi tinggi untuk efek kecanduan itu sendiri, golongan kedua ketergantungan, dan golongan ketiga memiliki ketergantungan yang cukup.

Banyak hal yang bisa terjadi akibat penyalahgunaan narkoba dari mulai gangguan terhadap psikis atau tubuh, bahaya terhadap psikologi atau kejiwaan, dan juga bahaya terhadap lingkungan sosial.

Ada apa dengan narkoba? Pertanyaan ini terjawab sudah dengan penjabaran sebelumnya. Narkoba adalah penyakit bagi psikis, psikologi, serta kehidupan sosial jika disalahgunakan. Narkoba itu berbahaya, tidak ada yang baik dari narkoba apabila digunakan dengan salah, karenanya ini waspada akan narkoba itu penting apalagi seperti yang kita ketahui bahwa kasus-kasus tentang narkoba setiap tahunnya itu pasti ada, dari mulai orang biasa sampai artis pun ada, menilik banyaknya kasus yang berkaitan dengan narkoba kita tentu tahu bahwa masih ada orang-orang yang tak bertanggung jawab yang menyalahgunakan narkoba dengan menjual belikan serta memakainya.

Banyaknya narkoba itu, seperti virus yang selalu berkembang dan tiada henti, entah mengapa ini terjadi? Mengapa masih ada pembahasan narkoba yang kita jumpai, padahal jelas-jelas upaya-upaya memberantas narkoba telah dilakukan.

Narkoba adalah ketakutan tersendiri bagi kita semua, kita mungkin tak menggunakannya sekarang tetapi pengaruh narkoba siap menanti, karenanya ini jangan sampai kita termakan bujuk rayu untuk menggunakannya, waspada akan narkoba tetap harus selalu ditingkatkan.

(Pedriwati adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita