Senin, 24/02/2020, 08:33:16
KKN UPB: Workshop Manajemen Keuangan Rumah Tangga
Laporan Tim PanturaNews

Nara sumber memberi paparan pada workshop yang digelar mahasiswa UPB saat KKN di Desa Pengalusan, Kecamatan Mbrebet, Kabupaten Purbalingga. (Foto: Dok)

PanturaNews (Purbalingga) - Sejumlah mahasiswa Universitas Peradaban Bumiayu (UPB) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang sedang melaksanakan KKN di Desa Pengalusan, Kecamatan Mbrebet, Kabupaten Purbalingga, menggelar Workshop dengan tema "Manajemen Keuangan Rumah Tangga", Minggu kemarin.

Workshop yang menghadirkan nara sumber salah satu dosen Universitas Peradaban Bumiayu dan dari BPR BKK Purbalingga, Sugeng Riyanto, SH, MSi ini, digelar di desa setempat dihadiri puluhan ibu-ibu dari elemen organisasi perempuan.

Salah satu mahasiswa UPB, Siti Zulaeka mengatakan, workshop ini sebagai pengabdian kepada masyarakat sesuai kebutuhan dari desanya. Juga Salah satu bentuk Tri Darma perguruan tinggi yang ketiga ialah pengabdian.

Sementara Kormades Desa Pengalusan, Wildanu mengatakan bahwa masalah uang memang sering kali menjadi kebutuhan utama dalam berkeluarga. Kadang sebuah keluarga runtuh, disebabkan karena tidak adanya uang.

“Sebagai sosok ibu rumah tangga, tentu sangat perlu memenej uang agar segalanya bersifat cukup," ujar Wildanu.

Sedangkan nara sumber workshop dalam paparanya menyimpulkan, bahwa perempuan adalah menteri keungan dalam negeri yang lebih teliti, membagi mana yang sifatnya perlu dan sifatnya ingin. Selain itu juga, perempuan biasanya mampu meminimalisir dana yang memang tidak produktif pengeluarannya.

“Menabung adalah cara jitu untuk mempunyai simpanan sekarang dan masa depan," tegas Sugeng Riyanto.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita