Kamis, 20/02/2020, 18:08:44
Dukung Kawasan Industri, Bupati Siapkan SDM Berkualitas
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Bupati Brebes meresmikan pengoperasian PT. Rubber Pan Java di Desa Tengguli, Kecamatan Tanjung, Brebes (Foto: Takwo Heryanto)

PantutaNews (Brebes) - Bupati Brebes, Jawa Tengah, Hj Idza Priyanti, SE, MH janji akan menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, untuk mendukung Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB).

Ketersediaan SDM yang unggul, juga telah disiapkan Pemkab Brebes, antara lain dengan mengupayakan Sekolah Vokasi dan minimal yang bekerja di KIB maupun KPIB berpendidikan SLTA.

“Setiap tahun, Brebes meluluskan lebih dari 15 ribu lulusan SLTA. Dan kedepannya, akan didirikan politeknik industri dan Balai Latihan Kerja (BLK),” ujar Idza Priyanti saat meresmikan pengoperasian PT. Rubber Pan Java (RPJ) di Desa Tengguli, Kecamatan Tanjung, Brebes, Rabu 19 Februari 2020.

Terkait masih belum banyaknya terserap tenaga kerja, Idza juga akan mensosialisasikan secara terus menerus saat bertemu kepala desa.

Selain itu, Idza meminta kepada pihak perusahan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Berbagai kebutuhan dasar harus dipenuhi pihak perusahaan. Untuk bisa bekerja secara baik, maka karyawan harus terjami kesehatannya, sholat, olahraga dan lain-lain.

“Antara fisik dan psikis karyawan perlu diperhatikan,” tandas Idza.

Menyadari masih belum pahamnya karyawan dalam bekerja, untuk itu mereka perlu mendapatkan bimbingan dari pihak manajemen.

“Saya yakin, masyarakat Brebes memiliki keuletan dan pantang menyerah dalam bekerja. Terbukti, ketika menanam bawang, meskipun musim kemarau bisa diatasi dan panen bahkan surplus,” ujar Idza.

Perusahaan juga perlu membangun sinergi dengan lingkungan pabrik, supaya tercipta kondusifitas dengan mengoptimalkan pemberian CSR kepada lingkungan sekitar.

Presiden Direktur PT. Rubber Pan Java, Budiarto menjelaskan, PT Rubber Pan Java adalah perusahaan yang memproduksi outsole atau bottom unit untuk sepatu yang mayoritas bahannya dari karet (Rubber).

  1. RPJ sudah melakukan uji coba operasi mulai Januari 2020. RPJ adalah vendor atau supplier Out some PT. BIG yang kedepannya bisa berkembang untuk mensuplai pabrik lainnya.

Selain itu, berkomitmen menjadi perusahaan out sold terbaik melalui investasi sumber SDM, proses yang efektif dan efesien serta ramah lingkungan.

Berdiri diatas tanah seluas 3.3 hektar, saat ini PT RPJ sudah memiliki SDM 239 orang sebagai karyawan tetap. Populasi demografi karyawan berasal dari Brebes 88 persen dan 12 persen dari luar Brebes. Target tahun ini pencapaian produksi adalah 600-800 ribu pasang, dan akan meningkat menjadi 1 juta pasang outsole di tahun mendatang.

“Kami juga akan mengembangkan produksi midsole serta stock fitting dimasa depan, sehingga kami secara bertahap bisa mempekerjakan 1500-2000 karyawan,” paparnya.

Budiarto beralasan mengapa memilih Brebes sebagai tempat pabrik, dikarenakan ingin memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah dan mendukung Brebes menjadi Kawasan Industri area Jawa Tengah bagian barat oleh pemerintah pusat.

Sebelumnya Bupati Brebes meninjau PT BIG dan Masjid At Taqwa dan Kantin Sehat diarea pabrik PT BIG. Peresmian diakhiri dengan penanaman pohon grismin sebagai ikhtiar menjaga lingkungan sekitar pabrik yang asri dan hijau.

Adapun dalam peresmian yang ditandai pemukulan gong dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Idza Priyanti itu, disaksikan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Priyanto SH MH, Presiden Direktur PT RPJ Budiarto, perwakilan  Adidas Indonesia Gamal Kartasasmita, Dandim 0713 Brebes Letkol Inf Faisal Amri, Ketua Dekranasda Drs H Warsidin MH, Share Holder Hendrik Sasmita dan putrinya Evelyn Sasmita, Buyer Adidas Mr Ed Alonzo, Camat Tanjung Kapolsek, Danramil, Kades serta tamu undangan lainnnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita