Rabu, 19/02/2020, 11:53:16
Waspada pada Wedding Organizer Abal-Abal
Oleh: Kholifah Indra Rodiyana

WEDDING Organizer (WO) merupakan jasa di bidang pernikahan yang cukup digemari oleh masyarakat saat ini khususnya yang akan menikah. Dengan menawarkan paket lengkap membuat calon pengantin tergiur untuk lebih memiliki jasa tersebut ketimbang mengatur sendiri acara pernikahannya.

Selain itu, menjamurnya WO  ini yang mempromosikan jasanya di sosial media mempermudah untuk menarik minat calon pengantin untuk memesannya.

Namun, akhir-akhir ini marak sekali kasus mengenai penipuan berkedok wedding organizer membuat calon pengantir was-was. Penipuan dengan harga miring membuat calon pengantin terpincut dengan promosi yang ada.

Selain itu pula, postingan mengenai acara pernikahan yang menarik juga menjadi salah satu daya tarik agar pemesan memesan jasa tersebut.

Maka dari itu, pemesan harus lebih jeli dalam memilih Wedding Organizer (WO) supaya tidak termakan rayuan tipu yang disodorkan oleh pemilik WO. Ada beberapa tips yang dapat digunakan dalam memilih WO supaya tidak terkena tipu, yaitu sebagai berikut ini:

Pertama, harga yang terlihat murah, bila calon pengantin belum mengetahui harga pemesanan WO sebainya konsultasi dengan orang yang pernah memesan jasa WO. Seberapakah harga idela dalam memesan jasa WO. Jangan karena melihat harga yang murah di sosial media membuat calon pembeli kalap untuk memesan jasa WO tersebut. Kasus yang sedang viral mengenai WO ini, dikarenakan harga yang murah menyebabkan orang mau untuk memesan.

Kedua, melihat track record WO, hal ini penting sebab dengan calon pengantin melihat track record atau catatan pekerjaan WO maka calon pengantin akan tahu baik dan buruknya dari WO yang akan dipesan. Biasanya untuk dapat melihat catatan pekerjaan ini dengan melihat testimony pelanggan yang pernah memilih jasa WO tersebut.

Ketiga, mempunya pengalaman menangani pesta pernikahan skala besar, kemudian dengan calon pengantin melihat apakah WO yang dipesan pernah menangani pesta pernikahan besar atau juga memiliki jam kerja tinggi maka dapat dipastikan akurat dalam penanganya khususnya bagi pemesan utuk membuat pesta pernikahan skala besar.

Keempat, mencari informasi mengenai jasa WO kepada keluarga atau teman yang sudah menikah, ini juga diperlukan sebaba dengan keluarga atau teman yang pernah memesana jasa WO maka yang dipesan itu adalah WO yang memang akurat asli bukan abal-abal.

Dan yang kelima, survei langsung ke lokasi WO, yang tak kalah penting berupa alamat kantor. Bila WO yang dipesan melalui sosial media sebaiknya carilah WO yang mencantumkan alamat kantor resmi atau lokasi yang jelas sehingga calon pengantin dapat langsung menemui pemilik WO, alih-alih selain hanya memiliki nomor telepon resmi.

Dari kelima tips diatas dapat diterapkan dalam memilih Wedding Organizer supaya tidak terjerat penipuan yang berkedok WO. Selain berhati-hati dalam memilih, sebaiknya calon pengntin juga selektif dalam mencari informasi.

(Kholifah Indra Rodiyana adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tinggal di Dukuh Glempang RT/RW 08/02 Desa Pagojengan, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita