Selasa, 18/02/2020, 22:00:01
Menilik Pengaruh Media Sosial Bagi Remaja
Oleh: Pedriwati

MEDIA sosial atau medsos, siapa yang tak mengetahuinya? Dari kalangan muda hingga tua tentu tahu apa itu media social.

Media sosial adalah salah satu dampak dari era milenial, era nya manusia yang akrab dengan teknologi. Media sosial atau bisa juga disebut sosial media adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang bisa dikatakan sebagai alat, jasa, dan komunikasi yang menjadi pembantu untuk menghubungkan antara orang yang satu dengan orang lainnya.

Sosial media ini memiliki penggemar yang banyak dan beragam, karena media sosial memberikan banyak kemudahan khususnya dalam hal komunikasi dan informasi. Media sosial memiliki ciri utama sebagai media alat komunikasi yang bisa menghubungkan satu orang dengan banyak orang, jangkauannya bahkan bisa sampai ke luar negeri. Media sosial banyak jenisnya dimulai dari blog, konten, jaringan sosial, dan lain sebagainya.

Media sosial selayaknya narkoba dapat membuat penggunanya candu dan tak akan berhenti menggunakannya salah satunya adalah remaja. Remaja adalah usia-usia muda yang akrab dengan media sosial karena mereka telah berkawan dengan yang namanya teknologi yang menjadi wadah dari media sosial itu sendiri.

Media sosial atau sosial media sangat banyak akan tetapi media sosial yang umumnya digunakan oleh para remaja adalah akun-akun jejaring sosial seperti facebook, instagram, dan lain sebagainya. Media sosial memiliki perkembangan yang pesat dan selalu memberikan kemudahan-kemudahan bagi pengguna lewat pelayanannya tersebut yang dimulai dari akses yang cepat hingga biaya yang sangat bersahabat.

Media sosial bagi remaja adalah tempat mereka menuangkan ekspresi sebagai wujud pelampiasan berkobarnya jiwa muda mereka, gambar-gambar dan tulisan-tulisan mereka terpampang di media sosial dari yang bahagia sampai sedih pun mereka ekspresikan di media sosial.

Dan menilik penggunaan media sosial bagi remaja dapat kita amati di sekitar kita, di mana penggunaan media sosial kita tahu sebagian besar adalah para remaja. Media sosial selalu memberikan kemudahan akan tetapi dibalik kemudahannya ini ada dampak negatif yang siap mempengaruhi para pengguna begitu juga remaja yang menjadi pengguna paling utama media social.

Media sosial menjadi wadah berekspresi akan tetapi ekspresi bisa membawa pengaruh negatif apabila apa yang diekspresikan menyinggung perasaan orang lain hingga mengakibatkan sebuah kasus, media sosial menjadi media komunikasi dengan banyak orang akan tetapi komunikasi dengan banyak orang ini kita belum tahu apakah baik atau tidaknya orang yang diajak komunikasi, media sosial memiliki konten yang menarik akan tetapi ada pula konten yang tidak baik, media sosial bisa jadi wadah kita untuk mencari rezeki namun bisa pula wadah mencari rugi.

Menilik pengaruh media sosial bagi remaja telah kita ketahui seperti yang dijelaskan sebelumnya. Media sosial tak akan lepas dari pengaruh baik pengaruh negatif ataupun positif, karenanya ini baik remaja atau pengguna lainnya gunakanlah media sosial dengan bijak sesuai etika yang ada.

(Pedriwati adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita