Selasa, 18/02/2020, 17:54:26
Musrenbang, IPM Kecamatan Sirampog Masih Tertinggi
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Sirampog untuk menentukan 10 usulan prioritas pembangunan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang secara geografisny berada di dataran tinggi gunung Slamet dan jauh dari pusat kota kabupaten, hingga kini masih menjadi kecamatan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tertinggi.

Hal itu diungkapkan anggota DPRD Brebes, Nasikun SH saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Sirampog, Selasa 18 Februari 2020.

"IPM warga Sirampog masih tertinggi di Kabupaten Brebes, ini merupakan prestasi sekaligus kebanggaan dan menunjukkan majunya pembangunan," katanya.

Menurutnya, IPM adalah ukuran dari perbandingan harapan hidup, melek huruf, tingkat pendidikan dan standar hidup untuk semua daerah. Tingginya IPM Sirampog merupakan hasil dari tingginya kesadaran masyarakat daalam pendidikan dan juga hasil kerja keras masyarakat dalam memajukan perekonomian yang didukung oleh pembangunan oleh Pemkab.

"Tingkat pendidikan masyarakat Sirampog, ekonomi warga dan kualitas kesehatan cukup tinggi nilainya, bahkan saat ini angka kematian ibu saat melahirkan juga nol," kata Nasikun.

Diharapkan, prestasi tersebut dapat terus dipelihara dan ditingkatkan dan sangat optimis dapat dilakukan. Sebab, saat ini generasi terpelajar semakin bertambah, jumlah anak-anak yang melanjutkan kuliah di perguran tinggi juga meningkat drastis.

"Sangat diharapkan pula prestasi Sirampog ini dapat memicu pula bagi masyarakat di kecamatan lainnya untuk meningkatkan IPMnya dan pada akhirnya Brebes juga akan terdongkrak IPMnya," tegas Nasikun.

Pada kegiatan Munrenbang yang dihadiri Kabid Peresncanaan Pengendalian dan Evaluasi Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbngda) Brebes, Hidayat ini membahas 10 usulan prioritas untuk pembangunan di tahun 2021.

Munrenbang yang dikuti oleh para Kepala Desa, Ketua BPD se Kecamatan Sirampog, tokoh masyarakat dan kantor instansi pemerintah tingkat kecamatan itu juga membentuk tim untuk perwakilan mengikuti Musrenbang di tingkat kabupaten.

Hadir dalam Musrenbang Kecamatan Sirampog itu, para anggota DPRD Brebes dari Dapil II antara lain, Nasikun, Imam Sairi, Tri Murdiningsih, Zamroni, H Nur Endro dan Joni Waluyo, Mustolah dan Mafrukhi. Hadir pula unsur Muspika Sirampog.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita