Minggu, 16/02/2020, 21:17:48
Belajar Psikologi Bagi Calon Pendidik
Oleh: Pedriwati

Belajar? Perlukah calon pendidik belajar psikologi? Dan apakah keuntungan belajar psikologi bagi calon pendidik?

Sebelum mengenal psikologi kita ketahui apa itu belajar, semua orang pasti mengalami yang namanya belajar baik itu belajar menulis, membaca, berjalan, berbicara, ataupun lain sebagainya.

Belajar merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan, adanya belajar tentu terkait dengan proses pembelajaran yang menentukan hasil dari belajar, belajar secara umum kita ketahui adalah belajar dengan guru di sekolah, akan tetapi belajar tak selalu di sekolah hal ini karena pada nyatanya belajar bisa dilakukan di lingkungan sosial dan di mana saja.

Dalam belajar tidak ada batasan usia siapa saja bisa belajar, karena sebuah keinginan untuk belajar adalah keinginan yang mulia. Dalam proses pembelajaran kita akan menemukan banyak aspek psikologi yang wajib dipahami seorang pendidik untuk mencapai tujuan belajarnya.

Psikologi adalah sebuah ilmu, ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan serta tingkah laku dari manusia. Psikologi sangat dibutuhkan oleh para calon pendidik karena psikologi dapat membantu seorang pendidik dalam mengajar anak didiknya.

Psikologi memberikan bantuan pada pendidik untuk mengetahui tingkah laku dari anak didiknya yang nantinya dapat dijadikan acuan pendidik untuk menyampaikan apa yang ingin disampaikannya, sebagai calon pendidik itu penting belajar psikologi untuk membantu dirinya mencapai apa yang dicapai pendidik yang akrab dengan psikologi.

Psikologi sangat penting dipelajari oleh para calon pendidik, karenanya ini muncul cabang psikologi dalam dunia pendidikan yang disebut psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan mengandung pengertian sebagai salah satu cabang psikologi yang membahas tentang permasalahan psikologi yang ada pada bidang pendidikan.

Pendidik adalah profesi yang mulia serta profesi yang berat karena membutuhkan tanggung jawab yang besar sebagai konsekuensi dari tugasnya. Sebagai pendidik mengetahui perilaku anak didiknya merupakan kewajiban, hal ini karena perilaku peserta didiknya ini dapat menentukan hasil belajar dari apa yang telah disampaikannya.

Sebagai pendidik pengetahuan akan psikologi akan membantunya pada proses belajar mengajar seperti membantu mengembangkan peserta didik, mengetahui potensi peserta didik, mengetahui cara belajar peserta didik, dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial. Bantuan seperti itu juga akan didapatkan calon pendidik jika dia belajar psikologi.

Calon pendidik yang menyerap materi psikologi dengan baik tidak akan canggung lagi dalam mengajar nantinya karena dia mengetahui cara mengatasi perilaku yang ditunjukkan oleh anak didiknya lewat pengamatan perilaku anak didiknya.

Berdasarkan apa yang disampaikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa belajar psikologi itu penting bagi calon pendidik, dengan belajar psikologi seorang calon pendidik akan memperoleh kemudahan-kemudahan seperti pendidik yang telah menerapkan psikologi dalam proses belajar mengajarnya.

(Pedriwati adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita