Sabtu, 15/02/2020, 17:06:51
Serunya Taruna Beri Edukasi Keselamatan Jalan ke Anak Usia Dini
LAPORAN NINO MOEBI

Taruna-Taruni Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal, memberikan edukasi keselamatan transportasi jalan kepada ratusan siswa-siswi kelas 1-3 Sekolah Dasar Al Irsyad Kota Tegal. (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) - Sejumlah Taruna-Taruni Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ), saat memberikan edukasi keselamatan transportasi jalan kepada ratusan siswa-siswi kelas 1-3 Sekolah Dasar Al Irsyad Kota Tegal, di Kampus 1 PKTJ Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal, Sabtu 15 Februari 2020.

Semakin tingginya pelanggaran lalu lintas, semakin meningkat jumlah angka kecelakaan di jalan raya. Pemahaman keselamatan di jalan raya terhadap anak usia dini perlu ditingkatkan.

"Kendala pasti ada seperti saling ngobrol sendiri, saling dorong dan saling lepas dari barisan saat diberi materi, merupakan hal yang biasa pada anak usia dini. Menghadapi hal tersebut, Alhamdulillah kami masih terkontrol dan masih bisa mengendalikan," kata Taruna Tingkat II PKTJ Tegal, Rico Andreanto disela kegiatan.

Meski para Taruna-Taruni sedikit kerepotan dengan ulah ratusan anak-anak, dengan penuh sabar dan kasih sayang edukasi tetap berjalan.

Rico menyampaikan, Taruna Taruni dari Tingkat 1-3 PKTJ Tegal, memberikan edukasi masalah Alat Pemberi Isyarat Lalu-Lintas (APIL), seperti warna lampu merah, hijau dan kuning. Biasanya adik-adik menyebutnya lampu merah, penyebutan yang benar adalah APIL.

Untuk pengenalan rambu ada empat jenis yakni rambu peringatan, rambu perintah, rambu petunjuk dan rambul larangan. Semua rambu-rambu ada fungsi dan artinya masing-masing. Dan Pengenalan tempat penyebrangan pejalan kaki dengan cat putih garis-garis (sebra cross).

Rico menegaskan, sebelum berangkat sekolah adik-adik yang biasanya menggunakan sepeda motor, tidak memakai helm dengan alasan masih anak kecil. Harapannya, meski masih anak kecil, yang berangkat sekolah dianter orangtuanya menggunakan sepeda motor harus menggunakan helm. Hal itu selain mendidik juga demi keselamatan.

Ratusan siswa-siswi SD juga diberi edukasi menggunakan helm yang benar, cara menyebrang yang benar dengan rumus 4T, yakni Tunggu, Tengok Ke Kanan, Tengok Ke Kiri dan Tengok Ke Kanan lagi.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita