Kamis, 13/02/2020, 18:55:24
Dinkes Brebes Sebut 23 Warga Terjangkit DBD, 1 Anak Meninggal
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menyebutkan, sebanyak 23 warga di daerahnya dinyatakan positif terjangkit nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD). Dari jumlah itu, 1 orang di antaranya yang masih usia anak-anak, meninggal dunia.

"Sebagian besar penderita yang kena nyamuk DBD adalah berusia dewasa. Tapi, secara rinci, usia di bawah 18 tahun sebanyak 11 orang, dan 12 orang lainnya yang terjangkit adalah berusia di atas 18 tahun," ujar Kepala Dinkes Kabupaten Brebes, dr. Sartono Sutarno Tarwan melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Imam Budi Santoso, Kamis 13 Februari 2020.

Menurutnya, penderita DBD yang meninggal dunia adalah Arneska Nailal Raizano, bocah laki-laki 11 tahun, warga Jalan MT Haryono Brebes.  "Arneska meninggal setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit," terangnya.

Dijelaskannya, berdasarkan data yang ada menunjukkan, pada 2018 di pertengahan Februari jumlah penderita DBD di Kabupaten Brebes sebanyak 40 orang dan empat di antaranya meninggal dunia.

Kemudian, pada tahun 2019 hingga pertengahan Februari jumlah penderita sebanyak 60 orang, dan meninggal dunia sebanyak enam orang.

"Mudah-mudahan tidak meningkat lagi. Pada periode yang sama (pertengahan Februari) tahun ini, ada 23 positif DB dan meninggal cuma 1 orang," jelasnya.

Untuk nengantisipasi penyebaran DBD, pihaknya, sudah memerintahkan 38 Puskesmas untuk aktif mencari info ke warga di wilayah kerja masing-masing.

"Tujuannya untuk mendeteksi warga yang terkena DBD agar mudah san cepat ditangani," paparnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita