Selasa, 04/02/2020, 14:09:47
Longsor, Jalan Kabupaten Terancam Putus
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Bahu jalan kabupaten ruas Kebandungan-Cikamuning longsor. Bagian jalan yang longsor dilakukan penangan darurat untuk menyelamatkan badan jalan (Foto-Foto: Dok. Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Jalan kabupaten ruas Kebandungan-Cikamuning, di blok Gunung Pendil Desa Kebandungan Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes Jawa Tengah longsor dan terancam putus. Longsor terjadi pada Senin 03 Februari 2020 sekira pukul 13.00 WIB akibat intensitas hujan yang tinggi.

Longsor sepanjang 15 meter di bagian bahu jalan dan longsoran amblas sedalam enam meter. Jalan yang tepat berada di sisi Sungai Pemali ini hanya tinggal badan jalan.

Kepala Desa Kebandungan, Wirsad SSos mengatakan, akibat bencana longsor teraebut diperkirakan kerugian mencapai Rp 35 juta. Akibat longsor pula lalu lintas kendaraan roda dua dan empat di jalur tersebut terhambat.

"Kendaraan masih bisa lewat tapi harus hati-hati karena berada di tebing sungai," katanya, Selasa 04 Februari 2020.

Menurutnya, jalan tersebut merupakan satu-satunya akses menuju Kebandungan sehingga diharapkan segera ada penanganan.

"Itu satu-satunya jalan kalau putus Desa Kebandungan dapat terisolir," ujar Wirsad.

Camat Bantarkawung, Eko Supriyanto SIP membenarkan peristiwa longsor yang mengancam keselamatan jalan kabupaten tersebut. Saat ini di lokasi longsor telah diberi tanda dan dipasang pengaman agar pengguna jalan hati-hati saat melintasinya.

"Warga dan aparat desa gotong royong melakukan penangana sementara dan dipasang pengaman agar pengguna jalan waspada," katanya.

Dikatakan, peristiwa itu telah dilaporkan ke Pemkab Brebes melalui intansi terkait dan diharapkan ada bantuan untuk penanganan selanjutnya. Saat ini dibutuhkan bantuan puluhan kayu dan bambu serta kantong atau karung untuk membuat tanggul pengaman darurat.

"Perlu dibuat tanggul dengan karung diisi tanah dan juga bambu dan kayu untuk penahan," kata Eko.

Sementara itu, pada Selasa 04 Februari 2020 petugas dari BPBD Brebes bersama warga dan personel TNI dan lainnya nampak melakukan penanganan darurat pada bagian bahu jalan yang longsor. Nampak puluhan karung diisi tanah digunakan untuk menimbun bagian longsor dan mengamankan badan jalan.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita