Selasa, 28/01/2020, 21:38:16
Ribuan Rumah Tidak Layak Huni di Brebes Perlu Disengkuyung
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti saat berkunjung ke rumah Wasmah, warga Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes. (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Ribuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang ada di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, perlu disengkuyung bersama. Sebab, dengan kebersamaan seluruh elemen masyarakat, maka perrsoalan RTLH akan cepat terselesaikan.

Demikian disampaikan Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE, MH saat berkunjung ke rumah Wasmah (70) warga RT: 05 RW: III Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes, Selasa 28 Januari 2020.

"Harus dilakukan gotong-royong untuk membangun RTLH, termasuk milik ibu Wasmah," ujar Idza.

Apabila hanya mengandalkan biaya dari pemerintah, tentu akan lamban penanganannya. Mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki. Untuk itu, budaya gotong royong jangan sampai punah, harus terpatri dalam sanubari warga Brebes khususnya.

Idza mencontohkan, ada berbagai komunitas masyarakat yang peduli dengan warga kurang mampu, termasuk yang memiliki rumah tidak layak huni.

"Saya yakin, masyarakat Brebes memiliki semangat gotong royong yang tinggi," ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Idza Priyanti, memerintahkan kepada Kepada Dinas Perwaskim untuk merombak rumah ibu Wasmah, dengan didukung gotong royong warga masyarakat setempat.

Bupati Brebes sengaja mendatangi rumah Wasmah, janda beranak lima dan 14 cucu. Rumah Wasmah berdinding gedek (pager bambu) yang sudah berlubang. Selain itu, atapnya juga sudah bocor dengan tiang dan pintu sudah condong.

Wasmah tidak bercerita mulai kapan dia menjanda, karena suaminya Kamad sudah meninggal dunia.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati didampingi anggota DPRD Brebes Mashadi, Kabag Penanggulangan Kemiskinan Setda Hj Farikha, Sekretaris Perwaskim Lilis, Kabid Komunikasi dan Kehumasan Lusiana Indira Isni, Camat Brebes Eko Purwanto dan pejabat lainnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita