Jumat, 24/01/2020, 19:35:11
Menjaga Alam Akan Berimbal Pada Keindahan
Oleh: Laelatul Qomariyah

DEWASA ini orang sering sekali menyepelekan hal-hal yang kecil yang tidak akan mereka sadari, lantas memberikan dampak pada dirinya di kemudian hari. Misalnya dengan membuang sampah sembarang.

Walaupun membuang sampah sembarangan terlihat sepele, namun akan membawa pengaruh yang besar, jika musim penghujan tiba tidak lain akan terjadi banjir.

Dengan begitu akan menyalahkan siapa? Seharusnya kita sebagai manusia harus bisa mawas diri lebih mewajibkan menjaga dan melestarikan alam sekitar. Jangan seenaknya melakukan kerusakan pada alam jadilah manusia yang cerdas. Apa yang sudah disediakan alam hendaknya kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tentu dengan menjaga alam, kita juga akan dihadapkan pada kecintaan terhadap sang pencipta, bersyukur atas apa yang telah diberikan.

Lalu, apa sulitnya dengan menjaga alam? Apa enaknya merusak? Baik ataupun buruk apa yang di lakukan manusia, nantinya mereka sendirilah yang menuia. Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan manusia untuk menjaga alam, namun terkadang enggan untuk di lakukan seperti, membersihkan lingkungan setiap hari karena dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Maka akan terhindar dari berbagai penyakit, yang kedua lakukanlah tebang pilih jangan menebang pohon secara liar, akibatnya dapat memberikan bencana tanah longsor.

Tentunya kita tahu itu akan merugikan diri sendiri, yang ketiga mencari ikan dengan cara yang tradisional karena dengan cara begitu akan menghindari terjadinya populasi pada ikan dan mengurangi kerusakan pada ekosistem di sungai maupun dilaut. Dan yang terakhir tentu paling penting adalah dengan mengurangi penggunaan asap baik itu asap rokok, kendaran, maupun asap pabrik. Karena semakin banyaknya asap yang ada udara akan tercemar oleh karbon di oksida yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. 

Mencintai dan menjaga Alam bukanlah hal yang merugikan ada berjuta manfaat dibalik setiap keindahan yang diberikan. Karena alam diciptakan bukan sekedar karena kesengajaan namun tuhan tahu apa yang  kita butuhkan dari alam.

(Laelatul Qomariyah adalah Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita