Jumat, 24/01/2020, 19:33:25
Merombak Pola Pikir dan Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha
Oleh: Amelia Yuliyanti

MEMBAHAS mengenai wirausaha, di kalangan mahasiswa minat berwirausaha masih terbilang sangat rendah. Arti wirausaha atau entrepreneur sendiri adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Kita tahu bahwa seorang mahasiswa selalu dituntut dapat melakukan berbagai hal. Tak hanya menguasai dibidang ilmu saja, namun mahasiswa juga harus pandai berwirausaha dengan melihat peluang dari kondisi yang ada. Kondisi yang dimaksud adalah kekayaan alam dan sumber daya yang ada di Indonesia. Serta peluang-peluang yang muncul akibat adanya suatu kebutuhan. Seorang mahasiswa harus memiliki pola pikir entrepreneur. Sebab, dalam peningkatan ekonomi, Indonesia butuh pekerja profesional dan wirausaha yang handal.

Namun, kita ketahui bahwa pola pikir yang melekat pada mahasiswa lebih berorientasi menjadi seorang pegawai dari pada berwirusaha, maka dari itu mulai sekarang kita coba merombak pola pikir kita yaitu kita sebagai orang yang mencari pegawai bukan lagi sebagai pegawai. Untuk mengubah mental dan motivasi terhadap rendahnya minat mahasiswa juga dapat dilakukan dengan mencari tahu apa saja keuntungan yang didapat dari menjadi seorang wirausahawan.

Adapun mereka beranggapan bahwa menjadi seorang wirausaha masa depannya tidak terjamin, jika bekerja di perushaan maka masa depan sudah jelas. Padahal dengan menjadi seorang wirausaha maka masa depan kita ada ditangan kita, jika bekerja di perusahaan bisa juga berisiko terkena PHK.

Kemudian, adanya mental takut rugi yang hampir dialami oleh semua kalangan. Padahal jika kita tidak mencoba maka bagaimana kita tahu kita akan berhasil atau gagal, maka perlu kita ubah pola pikir tersebut dengan berani mengambil risiko jika gagal maka terus coba lagi jangan putus asa.

Lalu bagaimana cara untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa?

(1) Kuatkan Tekad dan Niat.

Hal yang paling dasar dan utama adalah menguatkan tekad dan niat, sebab jika kita berwirausaha hanya karena tren, sedang kita tak kreatif maka usaha kita tidak akan bertahan lama. Dalam hal ini pula pentingnya memiliki jiwa yang kreatif dan inovatif. Serta dengan memiliki niat juga menjadikan kita kuat dalam mengahadapi berbagai macam kemungkinan risiko yang terjadi saat berwirausaha.

(2) Melihat Peluang yang Ada

Kita bisa melihat usaha yang belum ada di daerah kita, dengan cara melihat usaha yang ada di daerah lain kemudian memodifikasinya menjadi usaha yang baru. Dengan adanya hal demikian kita juga dapat memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di daerah kita sehingga dilain sisi mencipatakan usaha yang baru selain itu juga pemanfaatan sumber daya daerah.

(3) Mempelajari Kisah Usaha Orang lain

Dengan mempelajari kisah kesuksesan orang lain maka diharapkan kita dapat mencontoh baik itu dari strategi yang dilakukan, semangatnya, atau biasanya terdapat tips-tips sukses berwirausaha yang disampaikan oleh beliau yang nantinya dapat diterapkan oleh kita dalam berwirausaha.

(4)  Menumbuhkan Rasa Optimis

Rasa optimis sangat penting, sebab jika kita optimis maka kita yakin bahwa usaha yang dirintis akan berhasil dan sukses. Jika memang gagal maka pantang menyerah dan kegagalan tersebut tidak menghalangi kita dalam berwirausaha.

(5) Tumbuhkan Keberanian

Menumbuhkan keberanian untuk memulai dan jangan nanti-nanti jika sudah punya ide berwirausaha. Dengan keberanian maka kita siap bersaing dengan wirausaha lain, namun kita juga jangan mudah terintimidasi oleh wirausaha lain. Untuk pengusaha pemula memang harus siap tahan banting sehinga dalam hal ini wirausaha juga harus berani dan tekun terhadap usaha yang ia jalani.

Setelah dipaparkan mengenai cara menumbuhkan jiwa wiarusaha dan pola pikir mereka, memang sebenarnya merubah pola pikir seseorang tidak semudah membalikan telapak tangan. Berbagai kendala dan kurangnya motivasi turut berperan dalam rendahnya minat wirausaha di kalangan mahasiswa terlebih lagi keinginan yang serba instan.

Kendati demikian sebagai mahasiswa tak ada salahnya kita mencoba berwirausaha. Selain mendapat penghasilan dari keuntungan usaha kita juga memperoleh pengalaman yang baru. Jadi selain pandai dalam dunia perkuliahan kita juga pandai dalam dunia usaha. Selain itu kita juga dapat memanfaatkan teknologi. Kita dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk menggunakan media online sebagai lapak dagang. Serta marilah kita merombak pola pikir malas, takut rugi, takut mencoba, dan takut gagal dengan memulai berwirausaha.

(Amelia Yuliyanti adalah Mahasiswi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita