Kamis, 23/01/2020, 21:48:28
Melebarkan Ruang Gerak Anak Melalui Sekolah Alam
Oleh: Atria Rihanah

PERNAKAH anda mendengar sekolah alam? Sekolah alam memang merupakan sekolah alternatif yang belum diketahui banyak orang, padahal banyak akademis yang mendorong para orang tua agar menyekolahkan anaknya di sekolah alam.

Sekolah alam secara legalitas maupun kurikulum mengacu pada kurikulum nasional. Sekolah ini merupakan sekolah yang menekankan pada pentingnya back to nature yang dimana menggunakan alam terbuka sebagai tempat belajar, bahan mengajar, dan juga sebagai objek pembelajaran.

Dengan konsep pendidikan ini para siswa diharapkan bisa belajar dari alam lingkungan sekitar dan mengaitakan pelajaran serta menerapkan ilmunya dengan kehidupan nyata.

Situasi belajar di alam terbuka menawarkan anak untuk menghirup udara segar sambil menikmati keindahan alam sekitar, jadi anak tidak mudah bosan saat belajar. Hal ini sangat berbeda sekali dengan sekolah biasanya yang mengharuskan si anak belajar di dalam kelas dengan waktu yang sudah ditentukan.

Dalam sekolah alam anak-anak bisa bermain sambil belajar, sehingga tercipta suasana nyaman yang kemudian bisa membuat anak bebas bereksplorasi untuk menjawab semua rasa ingin tahu. Semua materi pembelajaran diselaraskan dengan alam, oleh karena itu ruang kelas pun biasanya dirancang dengan konsep alam bukan dari gedung-gedung mewah pada umumnya.

Sampai saat ini, memang belum banyak orang tua yang percaya pada sisitem pendidikan selain yang diterapkan pada sekolah-sekolah konvensional. Namun apa salahnya jika kita mencoba untuk membuat perubahan. Karena, pada dasarnya sekolah alam ini menjadi perpaduan  lengkap antara aktivitas visual dan auditori anak sehingga kreativitas anak akan terasah dengan sangat baik. 

Pada sekolah alam, anak tidak hanya mendapat teori saja, tetapi akan lebih banyak praktiknya. Misalnya saat anak belajar mengenai berbagai macam fungsi dan bagian tanaman, maka pada sekolah alam anak-anak dapat melakukan percobaan langsung dengan mengamatinya.

Dengan mengalami langsung, maka secara otomatis anak akan mengingat lebih lama tentang apa yang dipelajarinya. Menurut Efriyani Djuwita, M. Si menjelaskan lebih lanjut mengenai sistem pendidikan sekolah alam yang banyak manfaatnya. Sekolah alam mengajarkan siswa belajar tidak hanya berdasarkan atau mengandalkan text book, tapi juga belajar aktif. Belajar aktif dengan kondisi, situasi, dan komunikasi antara siswa dan guru yang menyenangkan tentunya diharapkan akan memberikan motivasi belajar yang besar untuk siswa dan menumbuhkan minat akan apa yang dipelajari.

Adanya sekolah alam ini juga akan memberikan dampak pada perkembangan anak diantaranya yaitu:  pertama, anak lebih kreatif. Dalam pembelajaran di sekolah alam, anak akan dituntut berpikir kreatif untuk membuat sesuatu dialam bebas. Kedua, anak akan lebih imajinatif. Dengan bermain dan belajar di sekolah alam, maka akan meningkatkan kemampuan kreasi anak dalam mendapatkan ilmu baru. Metode yang diterapkan dalam sekolah alam akan membebaskan anak untuk membuat sebuah ilustrasi alami.

Sekolah alam pada dasarnya merupakan metode belajar dengan konsep pendidikan berbasis alam. Di alam bebas anak akan terdorong untuk berpikir kreatif dan lebih bisa menghargai alam sekitar karena anak bisa mengamati atau melakukan riset langsung mengenai materi yang sudah didapatkan.

Untuk itu, sekolah alam memberikan ruang gerak anak agar anak dapat mengembangkan potensi dan kreativitasnya.

(Atria Rihanah adalah Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita