Kamis, 23/01/2020, 21:44:42
Pentingnya Peran Guru Agama Islam Bagi Remaja Sekarang
Oleh: Nurhichmah

NEGARA kita adalah Negara yang mayoritas penduduk nya beragama Islam. Agama yang sudah kita miliki sejak kita hadir di dunia ini.

Namun tentang ilmu agama Islam pada saat ini terbilang sangat kurang karena anak-anak tidak begitu memahami arti penting ilmu agama Islam yang sesungguhnya. Remaja di Indonesia adalah remaja-remaja yang memiliki segudang prestasi di dunia namun sayang nya saat ini ilmu agama nya yang menipis.

Apa sih guru agama itu?  Guru agama ialah seseorang yang mengajar dan mendidik agama islam dengan membimbing, menuntun, memberi tauladan dan membantu mengatakan anak didiknya ke arah kedewasaan jasmani dan rohani.

Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan agama yang hendak di capai yaitu membimbing anak agar menjadi seorang muslim yang sejati, beriman, teguh, beramal shaleh dan berahlak mulia, serta berguna bagi masyarakat, agama dan negara

Banyak sekali sekolah-sekolah yang berbasis islami dimana di sekolah itu mengajarkan ilmu-ilmu agama islam kepada siswa-siswi nya. Memberikan bimbingan agama yang sangat tertib kepada siswa-siswi nya. Bahkan ada sekolah yang mewajib kan murid laki-laki untuk menggunakan peci atau kopyah yang di gunakan di atas kepala dan membawa sarung untul shalat berjamaah.

Ini adalah contoh yang sangat Bagus untuk sekolah-sekolah lain nya. Dan terkadang sekolah yang berbasis islami ini tentunya memiliki organisasi tentang oembahasa ilmu agama islam yang lebih lengkap.

Guru agama islam bertanggung jawab untuk mendidik siswa-siswi nya di sekolah, mengajarkan penting nya ilmu agama islam pada saat ini dan seterusnya. Untuk anak-anak usia dini guru agama islam memiliki tugas membimbing anak-anak untuk mulai belajar praktik sholat melakukan ibadah dan memperkenalkan doa-doa pendek kepada anak-anak sehingga anak-anak akan mengerti doa-doa yang harus di ketahui.

Menanamkan ajaran agamaa sejak kecil maka akan lebih mudah di bandingkan mengajari anak yang  sudah dewasa. Mengajarkan mengaji seperti membaca iqro atau jus ama. Mereka jugaa mendapatkan ajaran agama islam dengan mereka bersekolah madrasah.

Remaja zaman sekarang banyak sekali yang terjerumus kedalam lubang saitan karena tidak memiliki bekal yang cukup untuk menampik godaan syaitan. Ini lah menjadi tugas bagi orang tua dan guru agama islam untuk membimbing remaja masa kini untuk lebih mendalami ajaran agama yang di anut nya agar tidak terjatuh kelubng yang salah.

Dalam undang-undang RI No 14 tahun 2005 tentang guru Bab 1 pasal 1 dijelaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini di jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Peran guru pendidikan agama islam dalam mengajarkan agama kepada siswa bertujuan untuk mengembangkan potensi spiritual dan membentuk siswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan supaya memahami fitrahnya sebagai mahluk hidup.

Melaksanakan apa yang di perintahkan oleh allah seperti beribadah sholat lima waktu, sekarang masjid-masjid atau mushola-mushola sudah jarang sekali di kunjungi oleh para remaja karna sibuk dengan urusan dunia. Hal ini yang harus di perbaiki dalam diri kita, selalu ingat kepada yang memberi zat.

Mengajarkan norma-norma dan nilai-nilai yang baik kepada siswa-siswi nya. Bagaimana menjadi perempuan yang shalehah, bagaimana cara nya menjadi laki-laki yang shaleh. Seorang perempuan harus menutup aurat nya dengan berhijab, umat islam memiliki ciri khas yaitu menggunakan hijab. Menggunakan hijab berarti menggunakan penutup kepala bukan hanya menutupi kepala saja namun jugaa menutup bagian dada agar tidak tertonjol dan terlihat oleh kaum adam.

Peran guru agama islam sangat penting sekali pada saat ini karna bobrok nya moral pada remaja sekarang yang membuat penting nya menanamkan kembali ilmu-ilmu agama islam agar mereka tau bahwa agama kita adalah agama yang sangat mulia. Mengajarkan bagaimana berperilaku yang sopan menurut ajaran islam, bagaimana cara menghargai sesama manusia, dapat memahami pendapat yang berbeda dan memiliki rasa kasih sayang.

(Nurhichmah adalah mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Gadis yang lahir Agustus 1999 ini, tinggal di Linggapura, Brebes, memiliki hobi menulis cerpen, puisi dan opini)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita