Kamis, 23/01/2020, 21:42:05
Kekuatan Seni Berbicara
Oleh: Chamalatul Ilma

KETERAMPILAN berbicara merupakan seni berbicara yang bisa dimiliki seseorang yang bertujuan untuk menyampaikan pesan lisan secara efektif, sebagai bentuk komunikasi kepada orang lain. Berbicara adalah kegiatan mengungkapkan pendapat, ide, gagasan, atau hasil pemikiran dengan menggunakan bahasa lisan.

Keterampilan berbicara merupakan seni keterampilan yang ekpresif, dan kreatif. Di dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu melihat orang-orang bertemu dan berbicara dengan orang yang lainnya dengan mudah. Beberapa individu memang terlahir dengan memiliki bakat berbicara yang baik., akan tetapi sebagian lagi tidak cukup menguasai seni berbicara. Namun, bagi individu yang tidak dilahirkan dengan bakat tersebut, keterampilan berbicara bisa dipelajari dan dikuasai.

Keterampilan berbicara sangat penting dalam kehidupan manusia, karena berbicara merupakan proses pertukaran informasi antar individu maupun antar kelompok. Jika tanpa adanya keterampilan berbicara yang baik, maka akan menghalangi seseorang bukan saja dalam hal berkarir, tetapi juga dalam hubungan sosial dan pribadi. Sebuah pesan dapat berubah menjadi sebuah kesalahpahaman, frustasi, bahkan bencana bila terjadi kesalahan dalam penyampaian, ataupun kesalahan interpretasi dari orang yang diajak bicara.

Ada banyak manfaat jika seseorang mampu atau terampil berbicara, yaitu memperlancar komunikasi antar sesama. Komunikasi antar manusia terbanyak dilakukan melalui berbicara. Oleh karena itu, secara mendasar bahwa kemampuan berbicara menduduki peranan penting dalam komunikasi antar sesama manusia. Di setiap kesempatan, di mana pun tempatnya, kita selalu menyaksikan orang berbicara satu sama lain.

Pembicaraan bisa terjadi di pasar, di rumah, di sekolah, di forum-forum resmi, pergaulan sehari-hari, di kampung atau di masyarakat, dan tempat serta kesempatan lainnya yang sangat beragam.

Manfaat yang kedua adalah mempermudah pemberian berbagai informasi. Ketepatan dan kecepatan informasi yang diberikan melalui lisan dari seseorang kepada orang lain sangat bergantung pada mutu dan kejelasan pembicaraan pemberi informasi. Oleh karena itu, orang yang mampu berbicara dengan baik kemungkinan besar dapat menyampaikan informasi secara tepat dan cepat kepada lawan bicaranya.

Manfaat yang ketiga adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri. Biasanya pembicara yang balk memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Ia dapat dengan mantap mengungkapkan gagasan atau hasil pemikirannya kepada orang lain tanpa disertai keraguan. Pembicara yang baik lebih percaya diri dalam menyampaikan sesuatu kepada orang lain.

Manfaat lain yang dapat diperoleh dengan memiliki ketrampilan berbicara adalah mampu meningkatkan kewibawaan diri. Seseorang yang memiliki kemampuan berbicara yang baik akan mampu menyampaikan gagasannya dengan runtut tanpa mengalami kesulitan dalam berbicara. Hal tersebut akan meningkatkan wibawa seseorang itu saat berbicara di hadapan banyak orang.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara adalah dengan meningkatkan kemampuan berbahasa yang baik, memperbanyak kosakata dengan banyak membaca dan menulis, melatih kemampuan mendengar dengan memperhatikan apa yang dikatakan pembicara lain sebelum kita mengutarakan pendapat, ikut serta dalam organisasi yang mendorong meningkatkan berbagai keterampilan berbicara.

(Chamalatul Ilma yang lebih akrab disapa Chamal, merupakan salah satu mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Peradaban, Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita