Kamis, 23/01/2020, 10:35:11
Jelang Imlek di Tegal, Harga Cabai Rawit Terus Merangkak Naik
LAPORAN NINO MOEBI

Para pedagang cabai di Pasar Pagi Kota Tegal menjual cabai yang harganya terus merangkak naik. (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) - Harga cabai rawit merah di Pasar Pagi Kota Tegal, Jawa Tengah menjelang Imlek 2020, setiap hari mengalami kenaikan. Cabai rawit merah harganya mencapai Rp 85 ribu per kilogram, Rabu 22 Januari 2020 kemarin.

"Hari ini, harga cabai rawit merah mencapai Rp 85 ribu per kg yang sebelumnya Rp 80 ribu per kg. Untuk rawit putih hari ini Rp 45 ribu per kg, sebelumnya Rp 40 ribu per kg. Sedangkan rawit hijau kemarin dan hari ini masih di harga Rp 38 ribu per kg," kata pedagang Rawit di Pasar Pagi Kota Tegal, Raisah (40), Rabu 22 Januari 2020.

Mahalnya cabai rawit merah menurut Raisah, karena faktor musim penghujan semenjak akhir tahun 2019 lalu, dan kebetulan menjelang Imlek 2020. Tapi yang jelas karena faktor cuaca hujan terus, menjadikan tanaman cabai banyak yang terendam air, akhirnya pasokan mengalami keterbatasan.

Kenaikan harga cabai sudah berlangsung hampir sebulan terakhir. Dan akan terus mengalami kenaikan seiring dengan redanya musim hujan selesai.

"Kenaiakan harga cabai rawit merah masih terus berlangsung, tapi kayaknya tidak sampai di angka Rp 100 ribu per kg-nya," pungkas Raisah.

Senada dengan Raisah, pedagang cabai lainnya, Fitriani (55) mengungkapkan, harga cabai rawit merah lokal Tegal yang bentuknya bulat paling mahal, harganya mencapai Rp 87 ribu per kg nya.

"Cabai rawit merah lokal Tegal yang bentuknya agak bulat paling mahal. Kalau rawit merah hari ini Rp 85 ribu, untuk yang lokal Tegal mencapai Rp 87 ribu per kg. Beda Rp 2 ribu per kg nya," ungkap Fitriani.

Sementara ini pasokan cabai rawit yang dijual di Pasar Pagi Kota Tegal, berasal dari petani di Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita