Rabu, 15/01/2020, 14:58:24
Bukan Hanya Informatif, Tulisan Juga Harus Menarik
Oleh: Risna Windika Cahyani

MENULIS merupakan hobi bagi sebagian orang, kemampuan bagi segelintir orang, bahkan pekerjaan bagi banyak orang. Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari menulis, tentu itu semua tergantung dari bagaimana kita memiliki ujuan di dalamnya dan tulisan apa yang kita kembangkan.

Jika untuk hobi, mungkin menulis hanya bertujuan untuk menyalurkan hobi tentu yang didapatkan kesenangannya saja, namun jika sudah masuk sebuah kemampuan apalagi menjadikan pekerjaan maka akan berbeda lagi tujuan dan manfaatnya tentu. Dari menulis kita bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan jika memang kita menekuninya menjadi sebuah pekerjaan.

Menjadi seorang penulis yang baik, tentu bukanlah hal mudah. Banyak hal yang perlu dipelajari apapun bentuk tulisannya. Mulai dari tulisan cerpen, novel, karya ilmiah, berita, dsb. Semuanya tentu ada ilmunya, ada caranya, dan tidak sembarangan untuk bisa melakukannya, meskipun pada dasarnya menulis merupakan hal yang bisa dipelajari secara mandiri jika kita mau.

Lalu bagaimana menciptakan tulisan yang baik? Apa harus informatif atau harus menarik? Atau bagaimana? Tentu untuk sebuah tulisan yang akan diberikan untuk halayak umum, kita perlu menyajikan tulisan yang informatif sekaligus menarik agar pembaca tidak bosan. Banyak cara yang bisa dilakukan agar membuat tulisan menjadi lebih menarik dan baik.

Pertama, gunakan kalimat yang sederhana. Untuk sebuah tulisan yang tidak formal, misalkan cerpen, opini, esai atau mungkin yang lainnya, usahakan dalam menulis jangan terlalu menyajikan tulisan yang kompleks dan membuat bosan bagi para pembaca. Hal ini akan membuat tulisan kurang menarik dan akan membuat pembaca malas untuk melanjutkan membaca hingga selesai.

Kedua, gunakan bahasa yang mudah dipahami. Dalam menulis, usahakan tulisan kita tidak banyak menggunakan istilah-istilah yang kurang lazim diketahui banyak orang. Beberapa istilah mungkin hanya layak digunakan dibidangnya saja. Jadi, buat kalian yang suka menulis, pemilihan kata itu sangat penting.

Ketiga, tidak menambahkan unsur yang tidak penting. Dalam menulis, kreativitas dari seorang penulis memang sangat diperlukan. Namun, kita juga harus bisa memahami bagaimana kita mengembangkan tulisan yang tengah kita buat. Jangan sampai, karena terlalu kreatif, kita malah menambahkan unsur-unsur yang seharusnya tidak perlu malah jadi ada.

Keempat, menulislah untuk menyampaikan informasi, bukan hanya sekedar memberi kesan. Apapun tulisan yang kita buat, usahakan tulisan tersebut berisi infromasi, atau mungkin amanat yang baik yang bisa diambil dan diserap oleh pembaca. Dengan hal ini, maka tulisan kita bukan hanya tulisan yang tidak memiliki isi, namun dapat memberi informasi.

Kelima, tentu tulisan harus menarik tanpa menghilangkan tujuan utama yaitu memberi informasi. Membuat tulisan menarik itu salah satu tugas dari penulis tentunya. Selain memberi infromasi, mengundang rasa keingin tahuan pembaca juga perlu dilakukan oleh penulis. Pemberian variasi-variasi pemilihan kata yang menarik akan membuat pembaca menikmati tulisan yang kita sajikan.

 Beberapa tips di atas, dapat kalian pelajari jika memang kalian suka menulis. Menyajikan sebuah tulisan tentu memberikan wawasan juga terhadap pembaca, namun jangan lupa. Sebagai penulis, kalian juga perlu membaca karena semua yang kita tulis, harus bisa kita pertanggungjawabkan.

(Risna Windika Cahyani adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Peradaban di Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita