Rabu, 15/01/2020, 14:56:43
Pentingnya Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Oleh: Tisatun Asri

BAHASA Indonesia merupakan bahasa nasional dan bahasa persatuan yang digunakan di negara Indonesia dalam berkomunikasi dikeseharian. Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa yang masih satu rumpun dengan bahasa melayu. Walaupun masih dalam satu rumpun yang sama, tetapi antara bahasa Indonesia dengan bahasa melayu memiliki banyak perbedaan.

Misalnya dalam segi ejaan, kosakata, dan kadangkala ada kata yang sama tapi memiliki makna yang berbeda seperti kata baja dalam bahasa Indonesia berarti besi tahan karat, namun dalam bahasa melayu berarti bahan untuk menyuburkan tanaman.

Bahasa Indonesia dan bahasa melayu memiliki perbedaan juga dikarenakan bahasa Indonesia akan selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan yang dialami biasanya kerapkali karena adanya proses penyerapan kata-kata asing ke dalam bahasa Indonesia.

Dalam bentuk bakunya, bahasa Indonesia banyak menyerap bahasa Belanda sebagai kosakatanya. Hal ini dapat terjadi karena dalam sejarahnya bangsa Indonesia lama dijajah oleh Belanda, sehingga bahasa Belanda pada saat itu sudah familiar dengan rakyat Indonesia. Sedangkan bahasa Melayu banyak menyerap kata-kata asing dari bahasa Inggris.

Adanya perkembangan bahasa dari masa ke masa tentu akan membuat bahasa pada masa sekarang akan sedikit berbeda dengan bahasa pada masa sebelumnya. Agar kita dapat mengetahui mengenai informasi-informasi mengenai perkembangan bahasa Indonesia sudah tentu kita harus belajar bahasa Indonesia.

Namun perlu diingat bahwa belajar bahasa Indonesia bukan semata-mata hanya untuk mengetahui perkembangan bahasa Indonesia tetapi juga agar kita dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan yang berlaku. Dengan dapat berbahasa Indonesia secara baik dan benar menjadikan kita turut serta dalam upaya menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia perlu dijaga dan dilestarikan penggunaannya agar tidak tergeser oleh bahasa-bahasa yang lain. Hal ini dikarenakan bahasa Indonesia merupakan salah satu warisan budaya bangsa. Secara logika, warisan merupakan sebuah amanat yang harus dijaga agar pada saatnya warisan tersebut dapat diwariskan kembali kepada penerus yang baru.

Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik kita harus dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hal ini penting dilakukan agar bahasa yang diwariskan nanti merupakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan yang berlaku, bukan bahasa Indonesia yang sudah tercampur dengan bahasa-bahasa yang tidak baku dan tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan.

Selain itu, bahasa Indonesia sebagaimana tercantum dalam butir ketiga sumpah pemuda yang menyatakan bahwa sebagai putra putri Indonesia kita wajib menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan dalam menjunjung bahasa Indonesia yaitu dengan cara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Selain sebagai bahasa persatuan, bahasa Indonesia juga berkedudukan  sebagai bahasa nasional negara Indonesia. Oleh karena itu sebagai warga negara yang baik kita harus dapat berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika sebagai warga negara kita tidak dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar tentu hal itu sangat tidak baik. Hal ini dikarenakan dengan dapat menggunakan bahasa Indonesia secara baik  dan benar diharapkan kita dapat memperkenalkan bahasa Indonesia ke negara lain.

Kemudian dalam kehidupan sehari-hari bahasa Indonesia juga banyak digunakan di sekolah-sekolah bahkan mungkin digunakan oleh seluruh sekolah yang ada di negara Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

Oleh karena itu, sudah semestinya siswa sekolah mampu dengan lancar berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam keseharian tentunya akan membiasakan siswa untuk dapat berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar penting dibiasakan bukan hanya sekadar pada acara-acara tertentu atau hanya pada saat pembelajaran di sekolah saja namun juga akan lebih baik jika dibiasakan dalam percakapan dikeseharian. Dengan pembiasaan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dapat memberikan dampak positif dalam hal lainnya.

Contohnya jika seseorang yang dapat menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar akan mudah dalam menulis. hal ini dikarenakan jika seseorang sudah biasa menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar sudah barangtentu orang tersebut akan paham benar mengenai kesalahan-kesalahan apa saja dalam menulis sehingga kesalahan-kesalahan tersebut dapat diminimalisir. Dengan begitu, tulisan yang dihasilkan akan memiliki tingkat kesalahan yang rendah atau bahkan tidak memiliki kesalahan.

Namun pada masa sekarang penggunaan bahasa Indonesia bisa dibilang sudah sangat memprihatinkan. Banyak anak muda pada masa sekarang yang menganggap bahwa menggunakan bahasa Indonesia sudah kuno dan ketinggalan zaman. Kecederungan mengangkat budaya asing termasuk bahasa juga sudah terjadi pada masa sekarang. Buktinya pada saat ini banyak gedung-gedung lembaga yang di dalamnya tepampang istilah-istilah dengan bahasa asing dan lambang kemodernan.

Adanya perkembangan teknologi yang cepat juga menyebabkan penggunaan bahasa Indonesia semakin tergeser. Anak-anak pada zaman sekarang lebih suka dan lebih paham menggunakan bahasa yang sedang ngetrend pada saat itu. Ditambah lagi adanya pemikiran yang menyatakan bahwa dalam berkomunikasi yang terpenting adalah lawan bicara dapat memahami apa yang sedang kita bicarakan, bukan benar atau tidaknya susunan bahasa yang digunakan.

Selain itu, pada masa sekarang banyak generasi muda yang beranggapan bahwa bahasa Indonesia hanya pantas digunakan untuk berpidato dan diacara formal-formal lainnya. Bukan hanya itu, pada masa sekarang anak muda yang memiliki kemampuan berbahasa asing akan lebih merasa keren dibanding dengan yang lainnya. Karena hal inilah akhirnya penggunaan bahasa Indonesia semakin tergeser. Anak muda sekarang lebih suka dan bangga jika dapat berbahasa asing sedangkan merasa biasa saja saat tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Jika penggunaan bahasa nasionalnya saja sudah tidak diperhatikan lantas bagaimana bangsa Indonesia bisa mengembangkan budaya yang lain? Oleh karena itu butuh kerjasama yang baik antara pemerintah dan rakyat agar dapat melestarikan bahasa Indonesia. Bukan hanya pemerintah saja yang berupaya untuk melestarikan bahasa Indonesia, tetapi peranan dari rakyat Indonesia juga penting adanya agar upaya-upaya dan kebijakan-kebijakan yang diberlakukan pemerintah dapat berjalan dengan baik.

(Tisatun Asri adalah Mahasiswi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita