Selasa, 14/01/2020, 22:06:22
Stop Merokok dan Memulai Gaya Hidup Lebih Sehat
Oleh: Nurhichmah

MEROKOK sudah menjadi aktifitas yang biasa bagi laki-laki, biasanya laki-laki merokok setelah selesai makan di dampingi dengan secangkir kopi hitam panas. Kadang kala ketika sedang berkumpul dengan teman-teman nya di angkringan duduk sambil merokok. Dari para remaja hingga orang yang sudah sangat renta rokok masih sangat terkenal dan di konsumsi setiap hari.

Bukan hanya dari kalangan laki-laki saja pada zaman sekarang peran perempuan pun saat inimenjadi perokok aktif, dari kalangan remaja hingga ibu-ibu rumah tangga walaupun penggunaan nya masih lebih banyak laki-laki namun perempuan juga tidak kalah dengan laki-laki.

 Miris nya lagi kini rokok di konsumsi oleh anak yang berusia kurang dari 15 tahun fenomena ini mudah sekali kita lihat contoh nya di jalan desa sekitar saja banyak sekali anak laki-laki yang masih kecil namun sudah mengonsumsi rokok lalu bagaimana masa depannya nanti?

Dari kecil tubuh mereka sudah di asupi bahan-bahan kimia yang setiap hari mereka hirup dan masuk ke dalam tubuh mereka. Mungkin para orang tua kurang dalam memperhatikan pergaulan anak-anak nya di zaman sekarang, mungkin dahulu anak itu sering sekali di perintahkan oleh sang ayah ataupun anggota keluarga yang menjadi perokok aktif untuk membeli rokok di warung.

Maka di benak anak pasti bertanya-tanya kenapa ayah atau anggota keluarga di sekitar nya suka sekali mengkonsumsi rokok? ataupun mereka bermain dikalangan orang dewasa yang sudah sangat kecanduan dalam merokok ahir nya mereka juga penasaran dan mencobanya ketika mereka sudah mencoba nya dan merasakan enak nya merokok maka mereka akan selalu mengkonsumsi rokok itu. Gambar yang terdapat pada bungkus rokok dan bertulisan bahwa rokok membunuhmu ternyata tidak dapat membuat orang merasa takut dan jera akan bahaya merokok.

Beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam rokok yang merusak tubuh dan organ didalam tubuh yaitu karbon monoksida merupakan gas yang tidak memiliki rasa dan bau. Jika dihirup terlalu banyak maka sel-sel darah merah akan lebih banyak berikat pada karbon monoksida dibanding dengan oksigen. Akibatnya fungki otot dan jantung akan menurun dan menyebabkan kelelahan, lemas dan pusing.

Dalam skla besar seseorang akan mengalami koma bahkan kematian. Gangguan jantung dan penderita penyakit paru-paru merupakan penyakit yang paling renta terhadap racun ini.

Nikotin memiliki efek candu nikotin yang dihisap akan terserap masuk ke aliran darah merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon adrenalin sehingga menyebabkan peningkatan tekanan darah. Denyut jantung dan pernafasan efek yang mungkin muncul akibat paparan nikotin adalah muntah, kejang, dan penekanan pada sistem saraf pusat. Dan masih banyak lagi senyawa yang sngat berbahaya untuk tubuh seperti tar yang menyebabkan penykit kanker paru-paru, hidrogen sianida senyawa ini dapat melemahkan paru-paru, menyebabkan kelelahan sakit kepala dan mual.

Seorang perokok yang sudah sngat kecanduan maka dalam meninggalkannya maka akan terasa sangat berat. Rokok yang kalian hirup bukan hanya berbahaya untuk kesehatan diri sendiri saja nmun juga pada orang-orang yang ada di sekitar kita. Sudh sangat banyak orang yang sakit karna meroko bahkan menyebabkan kematian pada bayi dan bahaya juga bagi anak-anak dan ibu hamil beserta janin yang ada di dalam nya.

Marilah memulai hidup sehat dan berhenti merokok sayngilah diri sendiri dan orang-orang yang ada di sekeliling mu. Jika kamu berfikir bahwa beli rokok dengan uang sendiri, yang meroko aku sendiri, yang sakit nantinya toh aku sendiri ngapain klian pada repot ngurusin stop berfikir seperti itu karna ketika kamu sakit maka siapa yang akan menjaga mu, merawat mu dan membiyayaimu.

Apalagi ketika seorang laki-laki yang sudah memiliki istri dan anak jika kamu sakit maka siapa yng akan dirugikan bukan cuman kamu yang akan di rugikan tapi orang yang kamu sayang pun akan di rugikan karna harus menjaga kamu yang sakit dan sang buah hati mu.

Berhentilah mekoko, gantilah rokok mu dengan minuman dan makanan yang menyehatkan tubuh. Ketika kamu memiliki niat dan berusaha sebaik mungkin agar kamu benar-benar terbebas dari merokok maka apa yang kamu ingin kan akan terwujud. Ketika kamu ingin sekali meroko maka masukkan lah makanan atau cemilan kedalam mulut mu atau meminum susu menggunakan sedotan sehingga kamu merasa seperti sedang merokoka padahal kamu sedang meminum susu.

Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar agar senyawa yng terkandung dan terendap di tubuhmu lama-lama akan menghilang dan membuatku lebih sehat dan bugar kembali. Jauhi rokok dari kamu dan keluarga mu sayangi dirimu dan keluarga mu mari memulai gaya hidup lebih sehat dengan menjahui rokok.

(Nurhichmah adalah mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Gadis yang lahir Agustus 1999 ini, tinggal di Linggapura, Brebes, memiliki hobi menulis cerpen, puisi dan opini)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita