Selasa, 14/01/2020, 22:04:17
Lampaui Batasan Diri Melalu Passion
Oleh: Dewi Oktari

PERNAH mendengar seseorang yang tidak tamat pendidikan, tapi bisa menembus kesuksesan mereka? Jika lupa mari saya ingatkan kembali.

  1. Thomas Alva Edison

Seorang yang paling berpengaruh di dunia ini pernah dikeluarkan dari sekolahnya dengan membawa sepucuk surat pengeluarannya dari sekolah. Namun, dari didikan dan asuhan Nancy Matthews Elliot yang tak lain adalah ibunya sendiri.  Beliau berhasil mematenkan 1.093 penemuannya di Amerika Serikat dan membangun perusahan general electric.

Tidak berlebih jika kita sangat mengapresiasi penemuannya yang sampai saat ini sangat berpengaruh di dunia yaitu lampu listrik. Beliau tidak lah aneh hanya saja kejeniusan yang beliau miliki sejak kecil terasa asing bagi orang awam menjadikan beliau terlihat bodoh dimasa kecilnya.

  1. Walt Disney

Siapa sangka karya terkenal yang sudah mendunia seperti Cinderella, Aladdin, Alice in Wonderland,  Sleeping Beauty, The Lion King dan banyak lagi tokoh-tokoh terkenal lahir dalam dunia animasi yang bisa dinikmati sampai saat ini terlahir dari seseorang yang tidak lulus dalam sekolah formalnya.

Beliau adalah Walt Disney seorang animator, produser, penulis skenario dan kartunis terkenal sepanjang sejarah. Dimana karyanya telah mengusung banyak penghargaan diantaranya 22  Oscar Kompetitif dan penghargaan Kehormatan Akademik.

  1. Susi Pudjiastuti

Kesuksesan perempuan yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun beliau hanya mengenyam pendidikan sampai kelas 2 SMA beliau mampu mengembangkan passionnya dalam bidang bisnis perikanan. Pada tahun 1983 beliau mulai menjadi pengepul ikan segar di Pangandaran. 

Tiga tahun kemudian belau bisa membuka pabrik PT ASI Pudjiastuti Marine Product.   Mentri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia ini juga pernah diundang oleh Harvard University untuk menjadi pembicara. Kenyatannya kita tidak bisa memandang kedudukan seseorang dari satu sudut pandang saja karena jika mereka percaya, mereka bisa lebih dari apa yang mereka bayangkan.

Dari ketiga contoh orang sukses tersebut kenapa mereka sukses meskipun tidak menempuh pendidikan formal? Jawabannya adalah mereka sudah menemukan passion mereka sejak kecil.  Bicara tentang passion sendiri. Passion dalam bahasa indonesia bisa diartikan sebagai gairah/kemampuan/keahlian. Passion adalah sesuatu kemampuan khusus yang dimiliki setiap orang.

Kemampuan ini bisa berupa akademis maupun non akademis. Tanda seseorang sudah menemukan passion mereka yaitu ketika seseorang senang melakukan hal tersebut dan selalu mencari celah demi menuju goals dari sebuah passion tersebut. Seseorang yang sudah menemukan passionnya bisa digambarkan sebagai seseorang yang telah menemukan harta karunnya,  pasangannya dan gift yang telah Tuhan berikan untuk kita.

Banyak sekali anak-anak yang terhegemony oleh sebuah kesuksesan yang mereka cetak di nilai rapot mereka tetapi selalu bingung dan susah ketika sudah menghadapi dunia pekerjaan dan ala hasilnya mereka hanya menjadi pekerja yang taat terhadap aturan tanpa mereka sadari mereka terpaksa melakukan pekerjaan tersebut.

Sebagai contohnya ada seorang penjual sabun organik dan dia telah menemukan passionnya dibidang penulis. Pada saat dia sedang melakukan Program Pengalaman Lapangan dia bertemu dengan temannya yang bisa  mengarahkan passionnya menjadi sebuah peluang untuk mengisi pundi-pundi finansialnya. 

Kenyataan bahwa uang yang dia  hasilkan dari menulis lebih besar dari pada keuntungan yang dia peroleh dari hasil jualan sabun membuat dia lebih bersyukur karena dia dapat mengembangkan passionnya dengan baik. Lebih dari itu dia berkeinginan dari hasil tulisannya bisa memberi banyak manfaat, motivasi dan inovasi untuk generasi kedepannya.

Sekarang saatnya berfikir terbalik sejenak passion sangat penting bagi seseorang,  pernahkah kalian melakukan pekerjaan yang senang dilakukan hingga tidak sadar telah menghabiskan waktu banyak untuk melakukan pekerjaan tersebut,  misalnya saja menulis,  bermain sepak bola, mencari melodi yang pas untuk sebuah musik. Jika iya, saya ucapkan selamat kalian telah memenukan passion kalian. 

Sekarang yang kalian lakuakan adalah bagaimana cara mengembangkan passion kalian. Jangan pikirkan malasah finansial yang terpenting adalah melalukan yang kalian suka kembangkan dan tunjukan skill atau kemampuan kalian. Tentukan sekarang karena orang yang bekerja sesuai passion akan berdampak positif bagi mereka. Mereka akan cenderung meningkatkan etos kerja mereka karena mereka memiliki gairah atau semangat dalam mencapai kemampuan yang dimilikinya.

Jika kalian masih takut pikirkan ini sejenak.  Mau terus jadi pembaca atau ambil secarik kertas dan pensil tulis lah apa yang ingin kalian tulis, tumpahkan segala imajinasi dalam pikiran kalian jangan biarkan meraka terpenjara oleh ketakutan kalian saat ini. Mau terus jadi supporter atau ambil bolamu mainkan sekarang lapangan adalah kawasanmu, lintasan yang seharusnya kalian kuasai dan kelilingi.

Mau terus jadi pendengar dan penikmat musik atau mau memulai ambil alat musik yang kamu suka dan mainkan sekarang ciptakan irama yang kalian suka tujukan pada semua orang kalian bisa sukses dengan passion kalian masing-masing hingga melampaui batasan pemikiran diri kalian sendiri.

(Dewi Oktari is a Student  English Language Education Program of Peradaban University, Brebes Regency, Central Java)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita