Senin, 13/01/2020, 21:38:23
UMK Brebes 1,8 Juta, Honor GTT Masih 500 Ribu Per Bulan
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Puluhan anggota PGRI Kabupaten Brebes saat mengadu masalah kesejahteraan para guru tidak tetap. (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Puluhan anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengadu terkait dengan masalah kesejahteraan para guru tidak tetap (GTT) ke Komisi IV DPRD Brebes, Senin 13 Januari 2020.

Pasalnya, hingga kini honor yang diterima GTT di Kabupaten Brebes, masih jauh dari Upah Minimum Kabupaten (UMK). Dimana honor yang diterima sebutan pahlawan tanpa tanda jasa ini, paling besar Rp 500 ribu per bulan. Sedangkan UMK Brebes mencapai Rp 1,8 juta.

"Untuk itu, kami meminta agar kesejahteraan guru GTT di Brebes diperhatikan," harap Ketua PGRI Brebes, Tarsono Hendri Hermanto kepada Ketua Komisi IV DPRD Brebes, Muhaimin Sadirun dan dua anggota lainnya, Wamadiharjo Susanto dari Fraksi PKS dan Wanuri dari Fraksi PDIP, di ruang Komisi IV DPRD Brebes, Senin 13 Januari 2020.

Menurut Ketua PGRI Brebes, jumlah GTT di Kabupaten Brebes, baik TK, SD, dan SMP mencapai 4.000 orang.

Menyikapi hal itu, Komisi IV DPRD Brebes merespons positif atas permintaan kenaikan kesejahteraan para GTT di Brebes. Honor para GTT bisa dinaikan sesuai UMK.

"Jika anggaran mampu, maka honor GTT bisa dinaikan sesuai UMK saat ini. Tapi jika belum mampu, minimal dinaikan hingga Rp 800 ribu per bulan. Syukur selanjutnya bisa dinaikan secara bertahap, hingga sesuai UMK ke depannya. Kita akan bahas bersama Dinas Pendidikan Brebes," pungkas Muhaimin Sadirun.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita