Senin, 13/01/2020, 20:55:45
Pentingnya Membersihkan Wajah Sebelum Tidur
Oleh: Ajeng Tiara Sekar Saputri

AKTIVITAS seharian akan membuat wajah menjadi kusam. Apalagi apabila aktivitas tersebut berada di luar ruangan. Banyak debu, kotoran, dan minyak yang menempel di wajah. Setelah pulang dari kegiatan biasanya hal yang paling diinginkan adalah istirahat dan tidur.

Tapi hal tersebut harus diurungkan terlebih dahulu. Aktivitas seharian menyebabkan wajah kotor, apalagi yang masih penuh dengan make up. Apabila kita langsung tidur kemudian wajah dibiarkan tanpa dibersihkan berlebih dahulu maka akibatnya wajah akan menjadi kusam bahkan berjerawat.

Membersihkan wajah adalah hal yang paling penting. Bagi perempuan ataupun laki-laki, membersihkan wajah sangatlah penting. Apalagi jika akan tidur. Karena kulit harus mendapatkan perawatan yang maksimal.

Sebelum tidur sebaiknya hal yang pertama kita lakukan adalah untuk perempuan biasanya membersihkan sisa-sisa make up terlebih dahulu sebelum mencuci muka. Jika make up tidak di bersihkan sebelum tidur maka yang ada adalah akan menyumbat pori-pori dan mengakibatkan tumbuhnya jerawat.

Setelah sudah membersihkan make up, boleh langsung mencuci muka dengan sabun yang sesuai dengan jenis wajah masing-masing. Untuk laki-laki juga ada sabun khusus untuk lelaki. Karena jenis kulit laki-laki dan perempuan itu berbeda.

Jangan salah dalam memilih sabun, karena jenis kulit setiap orang pastilah berbeda. Ada yang kering, berminyak, dan berjerawat. Jika salah pilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit kita maka biasanya sabun tersebut tidak bekerja dengan baik malah wajah akan terlihat kusam ataupun tumbuh jerawat.

Jika sudah mecuci muka maka wajah akan terlihat lebih segar dan cerah. Kusam karena noda, kotoran, dan minyak langsung hilang. Mencuci muka sebelum tidur sangatlah penting. Disamping untuk merawat kulit juga dapat menyegarkan wajah. Wajah yang segar maka tidurpun akan lebih nyaman.

Malam hari ketika tidur kulit akan melakukan regenerasi. Sel-sel kulit baru akan menggantikan kulit yang mati. Maka dari itu membersihkan muka sebelum tidur sangatlah penting. Supaya kotoran yang ada di pori-pori hilang. Dan kulit akan meregenerasi dengan baik. Supaya ketika bangun, kulit akan terasa semakin sehat dan segar bahkan terasa lebih kenyal.

(Ajeng Tiara Sekar Saputri adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita