Minggu, 08/12/2019, 15:22:35
Dewi Aryani: Warga Harus Jadi pelopor Bersihkan Sungai
LAPORAN SL. GAHARU

Dewi Aryani saat wawancara seusai mengikuti kegiatan membersihkan enceng gondok di Kali Gung wilayah Desa Pekiringan. Ini adalah awal yang bagus, dan warga harus menjadi pelopor membersihkan sungai. (Foto-Foto: Dok/Erin)

PanturaNews (Tegal) - Sungai yang bersih membuat lingkungan nyaman, dan rakyat sehat. Sehat itu menjadi fondasi dari segala macam aspek kehidupan. Tanpa masyarakat yang sehat, tanpa lingkungan yang bersih, tidak akan ada produktifitas di daerah manapun, termasuk di Kabupaten Tegal.

Hal itu dikatakan Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PDI Perjuangan, Dr. Hj. Dewi Aryani, MSi usai mengikuti kerja bakti membersihkan gulma enceng gondok di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Gung wilayah Desa Pekiringan, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu 08 Desember 2019.

Dewi Aryani yang akrab disaya DeAr, sangat mengapresiasi dari inisiator Bu Camat Talang bersama Pj. Kades Pekiringan, Kecamatan Talang. Menurutnya, kegiatan yang digerakan Komunitas Peduli Lingkungan dan warga ini, adalah awal yang bagus. Mereka menjadi pelopor membersihkan sungai.

“Ketika konsultasi dengan saya, oke saya siap. Karena sungai yang bersih membuat lingkungan nyaman, dan rakyat sehat. Saya sengaja datang dari Jakarta untuk dating pada kegiatan bersih-bersih sungai ini,” ujar DeAr.

Dikatakan politisi PDI Perjuangan yang berangkat ke Senayan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah 9 (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes), bahwa sehat itu menjadi fondasi dari segala macam aspek kehidupan. Tanpa masyarakat yang sehat, tanpa lingkungan yang bersih, tidak akan ada produktifitas di daerah manapun, termasuk di Kabupaten Tegal.

“Saya sengaja datang ke acara ini, selain memotifasi masyarakat, juga menghimbau kepada pemerintah daerah, bukan hanya untuk Kabupaten Tegal, tapi di seluruh Indonesia, untuk mewujudkan visi dan misi Presiden Jokowi bahwa lingkungan yang bersih menjadi fondasi dari segala macam aspek kehidupan,” tutur Dewi Aryani.

Selain itu, lanjut Dewi Aryani, kegiatan ini akan dsampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, supaya PSDA Provinsi Jawa Tengah juga turun bergerak. Kemudian akan disampaikan juga ke Mentri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, untuk mendukung juga.

“Walaupun ini bukan Komisi saya, tapi karena semua aspek kehidupan dalam satu wilayah kalau menjadi binaan Anggota DPR RI, boleh menyampaikan ke lintas kementrian,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, menyampaikan kepada kementrian sebagai memberikan masukan aspirasi dari masyarakat, supaya ada perhatian khusus untuk Kabupaten Tegal. Karena wilayah Tegal potensinya banyak, jadi agar jangan terhambat gara-gara sampah yang ada di sungai.

“Upaya dari parlemen maupun dari eksekutif, bersama-sama masyarakat gotong-royong peduli terhadap lingkunganya sendiri. Kita semua tidak ada artinya apa-apa, kalau tidak ada keterlibatan dari masyarakat,” tandas Dewi Aryani.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita