Kamis, 05/12/2019, 13:02:19
Lokakarya: Desa Diharap Lengkapi Sarpras Kesehatan untuk Masyarakat
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Kepala BLUD UPTD Puskesmas Bumaiyu dr Ali Budiarto (berdiri) sampaikan paparan di loka karya bidang kesehatan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Pemerintah desa diharapkan dapat mendukung pembangunan kesehatan di desa. Dukungan dilakukan melalui alokasi dana desa yang disisihkan untuk membantu melengkapi sarana dan prasarana kesehatan di desa.

Hal itu disampaikan dr Ali Budiarto, Kepala Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) UPTD Puskesmas Bumiayu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dr Ali Budiarto saat digelar Pertemuan Lokakarya Mini Lintas Sektor Bidang Kesehatan Kecamatan Bumiayu, Kamis 05 Desember 2019.

"Desa dapat mengalokasikan anggarannya dari Dana Desa untuk pembangunan kesehatan masyarakat," katanya.

Menurutnya, penganggaran Dana Desa hendaknya dialokasikan juga untuk usaha peningkatan sarana dan prasarana (sarpras) bidang kesehatan. Penganggaran tersebut tidak hanya berhenti untuk alokasi mobil siaga.

"Sarpras bidang kesehatan yang dibutuhkan masyarakan di pedesaan juga perlu diperhatikan dan dipenuhi," kata Ali.

Dikatakan, saat ini di Kecamatan Bumiayu baru ada dua desa siaga mandiri dari 15 desa yang ada. Yakni Desa Jatisawit dan Desa Dukuhturi, yang berarti desa lainnya juga harus dapat memenuhi sarpras bidang kesehatan dan lainnya sehingga menjadi desa siaga mandiri pula.

"Desa siaga mandiri baru ada dua di wilayah kerja Puskesmas Bumiayu," kata Ali.

Pada kesempatan lokakarya itu Ali juga mengungkapkan meningkatnya kunjungan masyarakat ke Posyandu. Peningkatan itu menunjukkan naiknya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap tenaga kesehatan Puskesmas Bumiayu.

"Selain itu juga menunjukkan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan," ungkap Ali.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Bumiayu Drs Apriyanto Sudarmoko yang hadir dan menyampaikan materi di acara loka karya yang digelar di Aula Puskesmas Bumiayu itu.

"Kebutuhan pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi," katanya.

Pemenuhan pelayanan kesehatan yang memadai tersebut, juga menjadi tanggung jawab Pemerintah Desa dengan menyediakan sarpras kesehatan yang memadahi. Penyediaan sarpras tersebut dapat bersumber dari Dana Desa dan tetap mengacu pada aturan yang ada.

"Kebutuhan sarpras kesehatan tingkat desa dapat dianggarkan dari Dana Desa," kata Apriyanto.

Kegiatan Pertemuan Lokakarya Mini Lintas Sektor Bidang Kesehatan diikuti para Kepala Desa di Kecamatan Bumiayu, unsur Muspika Bumiayu dan tokoh masyarakat serta lainnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita