Senin, 02/12/2019, 00:34:34
19 Duta Besar Kunjungi Wisata Hutan Mangrove Brebes
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Para Duta Besar dari negara-negara sahabat foto bersama penari topeng saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Brebes. Foto Bawah: wisata hutan Mangrove Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes (Foto: Dok/Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Sebanyak 19 Duta Besar (Dubes) dari negara-negara sahabat melakukan kunjungan ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dalam kegiatan Promotion of Tourism, Culture and Investmen Opportunity in Brebes, selama dua hari Sabtu-Minggu 30 November-01 Desember 2019.

Para Dubes negara-negara sahabat yang berkunjung ke Kabupaten Brebes diantaranya Iran, Palestina, Maroko, Afghanistan, Bulgaria, Tunisia, Myanmar, Slovakia, Vietnam, Bahrain, USA, Belarusia, China, Prancis, Suriname, Irak, Palestina, Srilangka, serta dua orang pendamping dari Kabupaten Banten perwakilan Bupati Banten.

Kunjungan rombongan dubes dari negara-negara sahabat itu disambut hangat oleh Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti dan Wakilnya, Narjo serta sejumlah pejabat Forkominda seperti Kapolres Brebes, Dandim Brebes, dan jajaran pejabat terkait di lingkungan Pemkab Brebes serta tamu undangan lainnya.

Para dubes dari negara-negara sahabat yang mendapat pengawalan dan penjagaan ketat dari jajaran Polres dan TNI Brebes itu, kali pertama menyambangi tempat wisata Hutan Mangrove Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes. Mereka disambut dengan tarian-tarian khas Brebes dan mendapat simpatisan dari para pengunjung wisata hutan mangrove dan warga setempat, Sabtu 30 Desember 2019 sore.

Didampingi Bupati dan jajaran Forkominda Kabupaten Brebes, mereka juga diajak menari bersama dan menyusuri beberapa lokasi wisata hutan mangrove yang kini menjadi tempat wisata andalan yang ramai dikunjungi wisatawan. Nampak mereka sangat berkesan, dan kagum dengan keberadaan wisata hutan magrove yang terletak di pesisir utara ini.

Usai berkunjung ke wisata hutan mangrove, para dubes tersebut berkumpul bersama dalam sebuah acara Gala Dinner pada malam harinya di Pendopo Brebes. Tari Topeng Kelana Banopati dari Losari Brebes, menjadi persembahan juga mengundang decak kagum 19 Duta Besar negara-negara sahabat.

“Very good, Tari Topeng is Magic and extraordinary (Sangat bagus, Tari Topeng itu magis dan luar biasa, red),” ujar David personil dari Kedutaan Perancis dengan manggut-manggut seperti decak kagum.

Sementara, Perwakilan Dean Ambassador of corporate Diplomats, Ambassador of Slovakia Mr Jaroslav Chlebo dalam sambutannya menyampaikan, sangat senang sekali atas penyambutan masyarakat Brebes. Sejak dari hutan mangrove Pandansari, dirinya melihat sambutan dan animo masyarakat sangat ramah dan senang menyambut kedatangan mereka.

“Keramahtamahan yang tentu kami terima, sejauh ini akan tetap melekat dalam hati dari pada rombongan kami para duta besar negara sahabat. Untuk itu, sekali lagi kami menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Ibu Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH. Sebagai informasi, sebelum kami masuk ketempat ini (Pendopo) kami melihat-lihat, dan sempat berbelanja sedikit di pameran Produk unggulan Brebes tadi,” ucap Jaroslav dalam bahasa Inggris.

“Dan kamipun akan melaksanakan tugas seperti yang diberikan kepada kami sebagai duta besar untuk menyebarkan suatu pesan dan tindakan suatu hubungan yang baik dan kerjasama yang bermanfaat,” tandasnya.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti mengatakan, kedatangan para duta besar maupun perwakilan kedutaan negara sahabat tersebut, berdasarkan undangan saat pelaksanaan pameran di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Idza, bahwa tujuan dari kunjungan mereka adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan pariwisata dan produk unggulan dari sejumlah UMKM yang ada di Kabupaten Brebes.

“Dengan begitu, maka akan banyak wisatawan yang akan datang ke Brebes. Tentunya hal itu berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan warga Brebes,” tambahnya.

Mereka ini nanti, lanjutnya, diharapkan akan menyampaikan dan mengajak ke warga negaranya masing-masing untuk juga datang ke berbagai daerah wisata di Brebes. Sehingga nantinya ada peningkatan jumlah wisatawan yang bakal berkunjung di Kabupaten Brebes.

“Selain itu, Brebes juga telah ditetapkan menjadi kawasan industri dan kawasan peruntukan industri. Adanya penetapan tersebut, maka Brebes membutuhkan investor sebanyak-banyaknya untuk menanamkan investasinya di Brebes,” ujar Idza.

Acara dilanjutkan dengan  penyerahan cinderamata/souvenir untuk para  duta besar negara sahabat sebagai tanda kenang-kenangan atas kunjungannya di Kabupaten Brebes. Sebelumnya juga ditampilkan peragaan Busana Batik Brebesan oleh Sinok-Sitong Kabupaten Brebes.

Hadir dalam acara gala dinner All Ambassadors Diplomats of Friendly Countries, selain Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH didampingi suami Drs H Wasidin MH, Wakil Bupati Brebes H Narjo SH MH, juga Ketua DPRD H Muhammad Taufik, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT,  para Kepala OPD, Camat dan serta Kedutaan Besar 19 Negara sahabat.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita