Rabu, 27/11/2019, 18:50:43
Spektakuler, Pembukaan Porsenitas VIII Kunci Bersama
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Pembukaan Porsenitas VIII Kunci Bersama 2019, di Kabupaten Brebes, (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) – Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni antar perbatasan (Porsenitas) VIII Kunci Bersama 2019, di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, berlangsung luar biasa meriah. Pertunjukan demi pertunjukan yang digelar Stadioan Karangbirahi Brebes, Rabu 27 November 2019 pagi, dipentaskan dengan spektakuler dan membuat takjub penonton yang menyaksikan.

Peserta Kunci Bersama dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berasal dari 9 Kabupaten dan Kota antar perbatasan di Jawa Tengah dan Jawa Barat, diantaranya Kabupaten Brebes sebagai tuan rumah, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Banjar, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Majalengka, dibuat kagum dengan berbagai macam penampilan seni dan budaya yang diperagakan.

Acara pembukaan di awali dengan penampilan artis tarling kondang Dian Sastra, dengan membawakan lagu tarling berjudul Tetep Demen. Bupati Brebes Idza Priyanti bersama Wakil Bupati Narjo yang berada di atas panggung, ikut memeriahkan suasana dengan memberikan saweran ke pelantun tembang Juragan Empang di hadapan sekitar 20.100 siswa yang mengikuti upacara pembukaan Porsenitas VIII Kunci Bersama 2019 tersebut.

Aksi tari jaipong massal yang diperagakan 200 penari dari para pelajar di Kabupaten Brebes, juga tak luput menghipnotis mereka. Sebelumnya masing-masing peserta dari Sembilan Kabupaten dan Kota melakukan devile dari mulai halaman Gedung Olahraga Sasana Krida Adhi Karsa Brebes menuju lapangan Stadion Karangbirahi Brebes yang dilanjutkan dengan upacara pembukaan.

Pembukaan Porsenitas VIII Kunci Bersama 2019 sendiri, di tandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Brebes Idza Priyanti di damping Wakil Bupati Brebes Narjo, bersamaan dengan pelepasan sembilan burung merpati dan ratusan balon udara serta party paper.

Dalam sambutannya Bupati Brebes Idza Priyanti selain mengucapkan selamat datang juga memberikan apresiasi kepada para peserta yang turut memeriahkan kegiatan Porsenitas VIII Kunci Bersama 2019. Diantara seperti, utusan dari Gubernur Jateng  dan Gubernur Jabar, para kepala daerah anggota Kunci Bersama, Ketua dan jajaran Staker Kunci Bersama.

“Tentunya kepada seluruh atlet, tim kesenian maupun pameran UMKM dari semua kota dan kabupaten Kunci Bersama yang hadir pada pembukaaan Porsenitas dan pameran produk unggulan di Stadion Karangbirahi Brebes,” ujar Idza Priyanti.

Menurut Idza, selain sebagai ajang silaturahmi bagi daerah se-anggota Sekretariat kerjasama Kunci Bersama, kegaiatan tersebut juga untuk memperat kerjasama antar daerah yang dibingkai melalui kegiatan olahraga. Selain itu, juga sebagai pertunjukan kesenian tradisional serta pameran produk unggulan khas masing-masing daerah.

Daerah perbatasan bukan merupakan daerah tertinggal, tetapi merupakan pintu gerbang dan etalase pembangunan di semua bidang. Maksud dan tujuan terabangunnya daerah-daerah dalam wadah sekretariat kerjasama Kunci Bersama adalah untuk mensinergikan perencanaan pembangunan dan kerjasama program pemerintah, baik kabupaten/kota, propinsi maupun pusat yang berada di wilayah perbatasan.

“Saya berharap kerjasama yang sudah terjalin selama ini semakin terus di tingkatkan lagi khususnya pada kerjasama yang menghadirkan kesejahteraan di masyarakat. Selain itu, penyedia lapangan kerja, ekosistem yang kondusif bagi start up dan pengusaha-pengusaha  kita, ilmu pengetahuan dan teknologi agar bias menjawab,” tandasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita