Selasa, 26/11/2019, 17:42:17
Pokdarwis Makin Tumbuh Bukan Cuma Menggeliat
OLEH: H. TAMBARI GUSTAM

Sinoeng N Rahmadi selaku Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah bersama Tambari Gustam (Foto: Dok)

Sinoeng N Rahmadi yang pernah menjabat Plt Bupati Tegal, dalam pertemuan Forum Komunikasi (FK) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se Jawa Tengah yang selama dua hari berkumpul di Joglo Tumiyono Klaten sejak Senin - Selasa, 25 – 26 November 2019, mengatakan bahwa saat ini Pokdarwis bukan hanya menggeliat, tapi benar-benar tumbuh.

Menurut Sinoeng, misalnya setiap perkumpulan Pokdarwis, masing-masing Pokdarwis harus membawa produk daerahnya sendiri. Minimal seharga seratus ribu rupiah,  sehingga Pokdarwis bisa mempromosikan produk unggulannya, dan bisa tersebar ke daerah lain.

Itulah yang disebut tumbuh, bukan menggeliat, sebab kalau menggeliat sama seperti ‘ngulet’, seperti orang yang baru bangun tidur.  Jadi Pokdarwis saat ini harus benar-enar tumbuh subur di setiap daerah.

Lebih lanjut Sinoeng mengatakan, cindera mata di setiap daerah harus dipopulerkan lewat pertemuan Forum Pokdarwis. Misalnya pertemuan Pokdarwis se Jawa Tengah,  lomba flog pariwisata, atau lomba stand up comedi, sehingga Pokdarwis lewat Forum Komunikasi minimal bisa mendatangkan orang banyak ke desa yang di tempati.

Selain itu harus saling bersinergi, karena bicara pariwisata adalah bicara realita. Ciptakan even-even yang jelas bisa menjadi peluang bagi perkembangan Pokdarwis. Sehingga antara Pokdarwis dan Desa Wisata bukan aliran kebatinan, tapi sungguh fakta dan realita dalam memajukan Pokdarwis bersama-sama.

Dalam akhir sambutannya, Sinoeng bertutur; buah kelapa jatuh di kali, mak byuurrr...


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita