Senin, 25/11/2019, 10:13:14
Tegal, Daerah Penghasil Teh Wangi Terbaik Dunia
LAPORAN NINO MOEBI

Salah satu peserta Tegal Tea Fiesta memperkenalkan produk teh wangi (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) – Tegal, Jawa Tengah, ternyata penghasil teh wangi terbaik dunia. Di Tegal juga ada beberapa pabrik teh besar yang menguasai pasar dalam negeri yakni Teh 2 Tang, Teh Poci, Teh Tong Tjie, Teh Gopek dan Tegal Tea Company. Pabrik teh tersebut berdiri hampir bersamaan, yakni sekitar tahun 1940-an.

Hal itu disampaikan oleh Erwindho Hascaryo, selaku EO Cresindo di penutupan Tegal Tea Fiesta yang digagas oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, di halaman belakang Kampus Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Jalan Semeru Kota Tegal, Minggu 24 November 2019 sore.

Erwin menyebutkan, Tegal sangat potensial dipromosikan kepada wisatawan mancanegara, karena Tegal memiliki banyak produksi teh unggulan sehingga sangat disayangkan apabila tidak memanfaatkan jadi pusat teh wangi dunia.

Mengutip pernyataan dari anggota Tim Percepatan Pengembangan Wisata Sejarah, Religi, Tradisi Seni dan Budaya Kementerian Pariwisata, Agni Malagini beberapa waktu lalu yang menyebutkan, di dunia tidak ada pabrik teh wangi, di Tegal satu-satunya daerah yang memiliki pabrik teh wangi terbanyak di dunia.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Tegal, Dinar Marnoto menyebutkan, gelaran Tegal Tea Fiesta 2019 yang dilaksanakan selama 3 hari, mulai Jumat 22 hingga Minggu 24 November 2019, menelan anggaran Rp 198 juta. Dan melibatkan 9 Perusahaan teh masing-masing, Teh Kepala Jenggot (solo), Teh Dandang (Batang), Teh jawa ( Pekalongan), PTPN Kaligua ( Kabupaten Brebes), Gunung Slamet (Kabupaten Tegal), Teh 2 Tang (Kabupaten Tegal), Teh Gopek (Kabupaten Tegal), Teh Tong Tjie (Kota Tegal) dan Tegal Tea Company (Kota Tegal) ikut memamerkan produknya masing- masing pada gelaran tersebut.

Maksud dan tujuan kegiatan dengan gratis kata Dinar adalah, untuk mengenalkan lebih jauh kepada generasi muda millennial bahwa Teh merupakan salah satu tanaman agricultural yang banyak di tanam di Indonesia tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan, membentuk masyarakat dan komunitas pecinta teh, mindset tentang teh serba kuno dan tradisional harus di ubah bahwa teh itu sesuatu yang nge hits.

"Selain ajang pameran teh,  penyelenggara juga menyajikan beberap kuliner, tari, musik, foodtruck, minum gratis, lomba mewarnai poci, factory visit," tutup Dinar.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita