Senin, 11/11/2019, 19:03:10
Bawaslu Brebes Sosialiasi Anti Politik Uang
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Peserta sosialisasi anti politik uang foto bersama usai kegiatan (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan sosialisasi diskusi fokus grup mengenai pembentukan desa politik uang, di aula Kantor Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Senin 11 November 2019.

Hal itu mengingat, bahwa 60% masyarakat setempat minim pengetahuan tentang anti politik uang terkait aturan dan sanksi politik uang.

Selain itu, terkait sekitar 70% masyarakat menolak tindakan politik uang. Baik dari kalangan pemerintahan yang identik dengan pungli ataupun dari instansi lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat 50 peserta, diantaranya berasal dari Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Kader Posyandu, Pemuda Karangtaruna Desa, dan Tokoh Masyarakat.

Dalam sosialisasinya, Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes, Wakro, menyampaikan beberapa materi tentang politik uang beserta aturan dan sanksi politik uang.

Menurut Wakro, dampak politik uang dapat mengakibatkan tidak efektifnya pembangunan. Selain itu, terpilihnya pemimpin yang tidak memiliki kapasitas, korupsi yang melembaga, dan pelaku dapat dipidana dan dipenjara.

Kepala Desa Ciseureuh, Darsono, menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu Kabupaten Brebes karena telah komitmen untuk menyelenggarakan kegiatan pembentukan desa anti politik uang di desanya.

"Tentu kami berharap kegiatan ini bisa menjadi sebuah pembelajaran untuk semua kalangan masyarakat agar kedepan terkait dengan kontestasi pemilihan umum tidak ada lagi masyarakat yang menerima politik uang atau suap," tandasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita